Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garuda Indonesia Masih Kaji Penerbangan Rute Kupang-Dilli-Darwin

Kompas.com - 16/08/2017, 11:21 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com - Pihak PT Garuda Indonesia Tbk sampai saat ini masih mengkaji rencana penerbangan dengan rute Kupang menuju Dili (Timor Leste) dan Darwin (Australia).

Usulan penerbangan langsung dengan rute Kupang menuju dua negara tetangga tersebut diajukan oleh Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), sejak Tahun 2016. Namun General Manager Garuda Indonesia Kantor Cabang Kupang Kokoh Ritonga mengatakan, pihaknya masih harus menganalisis usulan tersebut.

"Kalau kami terbang menuju rute itu, maka dari Garuda harus menyiapkan infrastruktur pendukung berupa kantor maupun struktur organisasi, karena di Dilli dan Darwin belum ada kantor Garuda di sana, sehingga itu perlu dilakukan analisis secara komperhensif," kata Kokoh kepada Kompas.com di ruang kerjanya, Selasa (15/8/2017).

Menurut Kokoh, usulan tersebut sudah disampaikan ke kantor pusat Garuda Indonesia di Jakarta. Namun hingga saat ini belum ada keputusan dari manajemen.

"Sebenarnya kami bisa sewa (gedung untuk dijadikan kantor) dan prosesnya tidak lama, namun di belakang itu semua ada pertimbangan biaya juga. Kalau kita terbang ke sana (Dilli dan Darwin), kira-kira potensi pasarnya seperti apa," ucap Kokoh.

Sebenarnya Garuda Indonesia pada 2006 hingga 2009 lalu pernah menerbangi rute Kupang menuju Darwin, tapi akhirnya ditutup karena load factor yang rendah.

Sejauh ini kata Kokoh, Garuda telah mendukung pariwisata di NTT dengan membuka penerbangan ke sejumlah kabupaten di NTT seperti di Manggarai Barat (Labuan Bajo), Ende, Sikka (Maumere) dan Sumba Barat Daya (Tambolaka).

Bahkan khusus untuk rute Labuan Bajo, sehari penerbangannya tiga kali, meski jumlah penumpanya tidak penuh.

Sebelumnya diberitakan, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Marius Ardu Jelamu, mendesak Garuda Indonesia agar segera membuka rute penerbangan Kupang-Darwin, Australia Utara.

Menurut Marius, pembukaan rute penerbangan itu sangat penting guna merebut pasar wisatawan asal Australia yang semakin banyak berkunjung ke NTT.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com