Hingga Akhir Tahun Mesir Impor 150 Kontainer Kopi Indonesia

Kompas.com - 16/08/2017, 19:37 WIB
Impor kopi mesir KOMPAS.com/Musthafa Abd. RahmanImpor kopi mesir
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Hingga akhir 2017, diperkirakan impor Mesir atas biji kopi Indonesia bisa mencapai 150 kontainer. Dari jumlah itu, sebanyak 109 kontainer diserap oleh pabrik pengolahan kopi Zahret El Bon Brazili sepanjang Januari-Agustus 2017.

Zahret El Bon Brazili merupakan pabrik pengolahan kopi besar di Mesir yang bertempat di kawasan industri Obour City. Pabrik ini berjarak sekitar 35 km arah timur laut kota Kairo, ibu kota Mesir.

CEO Zahret El Bon Brazili, Hassan Fawzy mengatakan, dari 109 kontainer itu, adalah 79 kontainer diimpor secara resmi senilai 3,41 juta dollar AS dan 30 kontainer merupakan pembelian dari pasar lokal di Indonesia  senilai 1,32 juta dollar AS.

"Hingga akhir 2017, diperkirakan impor Mesir atas biji kopi Indonesia bisa mencapai 150 kontainer," ujar Fawzy, kepada delegasi kedubes RI di Mesir yang dipimpin Dubes RI untuk Mesir, Helmy Fauzy, dalam kunjungan ke pabrik tersebut pada Senin (14/8/2017).

(Baca: Indonesia Barter Kopi, Teh dan CPO dengan 11 Pesawat Sukhoi dari Rusia)

Berdasarkan catatannya, pada 2015 impor Mesir atas biji kopi Indonesia mencapai 132 kontainer dengan nilai 4,73 juta dollar AS dan penyerapan kopi Indonesia dari supplier lokal Mesir sebanyak 39 kontainer dengan nilai 1,49 juta dollar AS.

Pada 2016 impor Mesir sebanyak 119 kontainer dengan nilai 4,34 juta dan pembelian kopi Indonesia dari pasar lokal sebanyak 41 kontainer dengan nilai USD 1,722 juta.  

Hassan Fawzy mengapresiasi dukungan pembinaan dan informasi produk Kopi Indonesia yang diberikan Duta Besar RI di Kairo beserta jajarannya.

Dia menerangkan bahwa saat ini dengan adanya pabrik pengolahan roasted kopi yang baru di Obour City, Mesir dapat mengkonsumsi rata-rata 10-12  kontainer biji kopi per bulan dari Indonesia.

Duta Besar RI Helmy Fauzy menyatakan, sangat mengagumi dan bangga atas perusahaan kopi Zahret El Bon ini.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X