Bahana Targetkan Pembiayaan Ultra Mikro Rp 500 Miliar Tahun Ini

Kompas.com - 17/08/2017, 20:09 WIB
Ilustrasi pertumbuhan ekonomi shutterstockIlustrasi pertumbuhan ekonomi
|
EditorMuhammad Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bahana Artha Ventura (BAV), anak usaha PT Bahana Pembina Usaha Indonesia menargetkan menyalurkan pembiayaan ultra mikro (UMi) Rp 500 miliar hingga akhir tahun ini. Program pemerintah itu akan disalurkan BAV, Pegadaian, dan Permodalan Nasional Madani (PNM).

"Kami hadir untuk memberikan pendampingan kepada usaha mikro yang layak mendapatkan pembiayaan ini, untuk memastikan dana yang digulirkan pemerintah ini benar-benar dipakai untuk mengembangkan usaha mikro, sehingga tidak hanya tergantung pada bantuan sosial, tapi diharapkan dengan pembiayaan yang diberikan ini, pelaku usaha mikro bisa semakin mandiri," kata Direktur Utama BAV Supomo dalam pernyataan resmi, Kamis (17/8/2017).

BAV telah menyalurkan program pembiayaan UMi melalui lembaga keuangan mikro dengan pilot project menggunakan Koperasi Mitra Dhuafa (KOMIDA) sebesar Rp 50 miliar. Pembiayaan disalurkan kepada sekitar 25.000 nasabah mikro binaan KOMIDA.

Pembiayaan ini diberikan kepada kelompok-kelompok usaha atau perorangan yang telah memiliki usaha atau akan memulai usaha dengan plafon maksimal Rp 10 juta, dengan tenor selama 50 minggu.

Saat ini pembiayaan tersebut telah dipakai untuk mengembangkan usaha seperti warung, usaha kerajinan, pertanian dan perkebunan, juga usaha makanan.

Untuk memastikan pembiayaan ini tidak macet, maka setiap kelompok usaha harus melaporkan perkembangan usaha mereka setiap minggunya kepada lembaga keuangan mikro yang ditunjuk untuk menyalurkan pembiayaan tersebut.

Hingga akhir Agustus 2017, BAV akan menberikan pembiayaan kepada koperasi UGT Sidogiri sebesar Rp 50 miliar dan kepada koperasi Abdi Kerta Rahardja sebesar Rp 10 miliar, dengan total nasabah mencapai sekitar 60.000 pelaku usaha.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.