Bank Indonesia Turut Kembangkan Ekonomi Kreatif

Kompas.com - 18/08/2017, 14:57 WIB
Agus Martowardojo KOMPAS/PRIYOMBODOAgus Martowardojo
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia, diperlukan sumber-sumber pertumbuhan yang beragam.

Salah satu sumber pertumbuhan ekonomi tersebut adalah ekonomi kreatif, yang didorong usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo mengungkapkan, mendukung UMKM dan ekonomi kreatif dapat mendorong penciptaan sumber-sumber ekonomi baru. Selain itu, dapat juga mendorong pengembangan ekonomi daerah, penciptaan lapangan kerja khususnya bagi perempuan dan mengangkat citra bangsa.

" Ekonomi kreatif Indonesia memiliki potensi besar," ungkap Agus pada acara Karya Kreatif Indonesia, Jumat (18/8/2017).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), besaran produk domestik bruto (PDB) ekonomi kreatif pada tahun 2015 lalu mencai Rp 852 triliun.

Ekonomi kreatif pun menyerap tenaga kerja sebanyak lebih dari 15 juta orang. Ekonomi kreatif, kata Agus, memberikan kontribusi sebesar 7,4 persen terhadap total ekonomi nasional.

Dari keseluruhan ekonomi kreatif, subsektor mode, kriya, dan kuliner menyumbang kontribusi terbesar, yakni 76 persen dari total PDB ekonomi kreatif.

Selain itu, Agus juga menyoroti besarnya kontribusi wanita dalam industri kreatif. Bukan hanya pengusaha, paa wanita juga terlibat dalam proses pengerjaan.

"Industri kreatif punya keunggulan yakni memberi kesempatan lebih luas terhadap partisipasi wanita. Wanita pengusaha industri kreatif mencapai 22,6 persen," ujar Agus.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X