Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Perkirakan Inflasi Agustus 2017 sebesar 0,02 Persen

Kompas.com - 18/08/2017, 18:36 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) memprediksi inflasi indeks harga konsumen (IHK) Agustus 2017 mencapai 0,02 persen. Prediksi ini didasarkan pada survei pemantauan harga (SPH) yang dilakukan bank sentral.

"Inflasi perkembangannya baik. BI secara rutin melakukan survei di 164 pasar di 82 kota. Sampai minggu ketiga inflasi 0,02 persen," kata Gubernur BI Agus DW Martowardojo di Jakarta, Jumat (18/8/2017).

Agus menyatakan, dengan perkembangan tersebut, maka inflasi secara tahunan (year on year/yoy) tercatat sebesar 3,88 persen. Angka tersebut masih sejalan dengan target BI sebesar 4 plus minus 1 persen.

(Baca: BI Sambut Baik Pemerintah Pasang Target Inflasi Rendah)

Komoditas-komoditas yang mengalami deflasi antara lain angkutan udara, angkutan antar kota, bawang merah, dan bawang putih. Sementara itu, komponen daging ayam, telur ayam, dan rokok dilaporkan mengalami inflasi.

Menurut Agus, perkembangan inflasi Agustus 2017 atau pasca Lebaran tercatat dalam kondisi baik. Beberapa komoditas yang menyumbang inflasi pada periode Lebaran dilaporkan malah mengalami deflasi.

"Angka (inflasi) 0,02 persen itu konsisten sejak minggu pertama sampai minggu ketiga Agustus 2017," jelas Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com