Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

17 September KRL Jakarta Kota-Cikarang Akan Dioperasikan

Kompas.com - 18/08/2017, 19:05 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana mengoperasikan Kereta Rel Listrik Jabodetabek atau Commuter Line sampai ke Cikarang. Rencana pengoperasian KRL tersebut akan direalisasikan pada 17 September 2017.

Direktur Prasarana Perkeretaapian Kemenhub, Zulfikri mengatakan, saat ini Direktorat Jenderal Perkeretaapian masih menunggu pemasangan peron temporer di Stasiun Tambun dan Stasiun Cikarang. Sebab, menurut dia, peron di dua stasiun tersebut tidak terlalu tinggi untuk menaiki KRL.

"Sebenarnya buat pelayanan Stasiun Cikarang sudah bisa, tetapi cuma peron saja yang belum tinggi. Jadi nanti kita pasang peron temporer. Jadi kita targetkan 17 september 2017 penumpang bisa menikmati KRL sampai Cikarang," ujar Zulfikri di Kantor Kemenhub, Jakarta, Jumat (18/8/2017).

Zulfikri menuturkan, untuk dua stasiun baru yakni Bekasi Timur dan Cibitung telah bisa dioperasikan secara penuh. 

Rute Jakarta-Cikarang merupakan perpanjangan rute sebelumnya, rute Jakarta Kota-Bekasi. Rute tersebut juga akan menggunakan jalur lama yang telah dibangun sebelumnya.

Adapun, rute dari Stasiun Bekasi yakni, Stasiun Bekasi-Stasiun Bekasi Timur-Stasiun Tambun-Stasiun Cibitung-Stasiun Cikarang.

"Pengoperasian KRL ini juga menunggu persetujuan keselamatan dari Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api. Persetujuan itu didapat setelah peron selesai. Sehingga, diharapkan pada 17 September bisa dioperasikan," kata dia.

Sebelumnya, Direktorat Jendral Perkeretaapian Kementrian Perhubungan bersama PT KAI Commuter Jakarta (KCJ) telah melakukan uji coba jalur KRL Bekasi-Cikarang pada Jumat (28/7/2017).

Diperkirakan untuk waktu tempuh Cikarang-Jakarta Kota selama 90 menit. Nantinya tarif yang akan dikenakan kepada penumpang KRL Jakarta Kota-Cikarang sebesar Rp 5.000.

Kompas TV Pembangunan Rel Kereta Trans Sulawesi Rampung Tahun 2020

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com