Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

17 September KRL Jakarta Kota-Cikarang Akan Dioperasikan

Kompas.com - 18/08/2017, 19:05 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana mengoperasikan Kereta Rel Listrik Jabodetabek atau Commuter Line sampai ke Cikarang. Rencana pengoperasian KRL tersebut akan direalisasikan pada 17 September 2017.

Direktur Prasarana Perkeretaapian Kemenhub, Zulfikri mengatakan, saat ini Direktorat Jenderal Perkeretaapian masih menunggu pemasangan peron temporer di Stasiun Tambun dan Stasiun Cikarang. Sebab, menurut dia, peron di dua stasiun tersebut tidak terlalu tinggi untuk menaiki KRL.

"Sebenarnya buat pelayanan Stasiun Cikarang sudah bisa, tetapi cuma peron saja yang belum tinggi. Jadi nanti kita pasang peron temporer. Jadi kita targetkan 17 september 2017 penumpang bisa menikmati KRL sampai Cikarang," ujar Zulfikri di Kantor Kemenhub, Jakarta, Jumat (18/8/2017).

Zulfikri menuturkan, untuk dua stasiun baru yakni Bekasi Timur dan Cibitung telah bisa dioperasikan secara penuh. 

Rute Jakarta-Cikarang merupakan perpanjangan rute sebelumnya, rute Jakarta Kota-Bekasi. Rute tersebut juga akan menggunakan jalur lama yang telah dibangun sebelumnya.

Adapun, rute dari Stasiun Bekasi yakni, Stasiun Bekasi-Stasiun Bekasi Timur-Stasiun Tambun-Stasiun Cibitung-Stasiun Cikarang.

"Pengoperasian KRL ini juga menunggu persetujuan keselamatan dari Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api. Persetujuan itu didapat setelah peron selesai. Sehingga, diharapkan pada 17 September bisa dioperasikan," kata dia.

Sebelumnya, Direktorat Jendral Perkeretaapian Kementrian Perhubungan bersama PT KAI Commuter Jakarta (KCJ) telah melakukan uji coba jalur KRL Bekasi-Cikarang pada Jumat (28/7/2017).

Diperkirakan untuk waktu tempuh Cikarang-Jakarta Kota selama 90 menit. Nantinya tarif yang akan dikenakan kepada penumpang KRL Jakarta Kota-Cikarang sebesar Rp 5.000.

Kompas TV Pembangunan Rel Kereta Trans Sulawesi Rampung Tahun 2020

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com