Exxon Investasi 100 Juta Dollar AS Kembangkan Lapangan Kedung Keris

Kompas.com - 19/08/2017, 15:30 WIB
Fasilitas produksi di Blok Cepu, Lapangan Banyu Urip, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, saat diresmikan pada Rabu (8/10/2014). 



ADI SUCIPTO /KOMPASFasilitas produksi di Blok Cepu, Lapangan Banyu Urip, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, saat diresmikan pada Rabu (8/10/2014).
Penulis Aprillia Ika
|
EditorAprillia Ika

BOJONEGORO, KOMPAS.com - ExxonMobil, perusahaan minyak dan gas (migas) multinasional asal Amerika Serikat (AS), akan menghabiskan dana kurang dari 100 juta dolar AS untuk membangun lapangan Kedung keris di Cepu, Blora, Jawa Tengah.

Erwin Maryoto, Vice President of Public & Government Affair ExxonMobil Indonesia mengatakan, proposal pembangunan Lapangan Kedung Keris sudah disetujui Satuan Kerja Khusus Pelaksana kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas atau SKK Migas. Pihaknya menargetkan lapangan Kedung Keris akan beroperasi pada 2019.

Nilai investasi sebesar itu sudah termasuk untuk pembangunan pipa khusus untuk menyalurkan minyak mentah dari Kedung Keris ke Banyu Urip yang berjarak 16 kilometer. Karena yang disalurkan adalah minyak mentah yang masih banyak mengandung gas, maka diperlukan pipa khusus yang tebal untuk menyalurkannya.

"Kami sudah dapat izin Plan of Development (PoD) dan Authorization for Expenditure (AFE) untuk Kedung Keris dari SKK Migas. Oleh sebab itu akan kami kembangkan tahun ini juga," lanjut Erwin.

Menurut dia, cadangan minyak di Kedung Keris sekitar 20 juta barel. ExxonMobil sendiri akan memproduksi sekitar 10.000 barel minyak per hari untuk dialirkan ke Lapangan Banyu Urip untuk diproses sebelum kemudian disalurkan ke FSU Gagak Rimang.

"Nilai investasi tidak akan lebih dari 100 juta dollar, kami baru dapat izin SKK Migas Juli 2017. Saat ini kami sedang siapkan lelang Enginnering, procurement dan Construction (EPC)," pungkas Erwin.

Sebagai informasi, ExxonMobil menemukan cadangan minyak di lapangan Kedung Keris pada 2011. Lapangan tersebut masuk ke wilayah Blok Cepu. Lokasi tepatnya yakni di Desa Sukoharjo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Pengeboran di lapangan Kedung Keris ini akan dilakukan di darat dengan kedalaman 7.032 kaki atau setara 2.143 meter.

Kompas TV Sepanjang 2016 lalu, Pertamina memperoleh pendapatan lebih dari Rp 487 Triliun.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X