2017, Bank BJB Proyeksikan Pertumbuhan Kredit Konsumer 13 Persen

Kompas.com - 21/08/2017, 14:59 WIB
Penulis Reni Susanti
|
EditorAprillia Ika

BANDUNG, KOMPAS.com – Pertumbuhan kredit konsumer PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (Bank BJB) pada 2017 diprediksi di angka 13 persen. Pertumbuhan ini hampir sama dengan tahun lalu.

“Tahun lalu tumbuh 12-13 persen. Kuartal I 2017 tumbuh 13,7 persen year on year (yoy) atau Rp 45,1 triliun. Jadi sampai akhir tahun tidak banyak berubah, sama di angka segitu,” ujar Direktur Konsumer Bank BJB Fermiyanti, Senin (21/8/2017).

Fermiyanti mengatakan, kredit konsumer merupakan salah satu captive market Bank BJB. Bahkan bisa dikatakan, pilar pertama di Bank BJB. Sebab, kontribusi kredit konsumer pada keseluruhan kredit mencapai 67 persen.

Kredit ini kebanyakan bersumber dari nasabah PNS, kemudian non PNS lewat kerja sama dengan beberapa perusahaan, serta pensiunan.

Untuk PNS, kredit yang dibutuhkan tidak hanya bersifat konsumtif, namun juga produktif.(Baca: Kuartal I 2017, Bank BJB Capai Pertumbuhan Kredit 13,6 Persen)

“Program untuk kredit produktif, seperti berdagang, kos-kosan, dan usaha lainnya,” tuturnya.

Untuk menjaga loyalitas konsumen, berbagai program disiapkan. Mulai dari pemberian hadiah hingga perjalanan religi seperti umrah untuk nasabah muslim.

Per kuartal I-2017, Bank BJB mencatatkan pertumbuhan kredit 13,6 persen dengan total Rp 62,7 triliun.

Kredit tersebut diperoleh dari semua segmen kredit. Pertumbuhan kredit ini diimbangi dengan keberhasilan Bank BJB menjaga rasio kredit bermasalah (NPL) di level 1,62 persen. 

Jumlah ini jauh lebih baik dibandingkan kuartal I 2016 sebesar 2,84 persen. Kondisi ini membawa laba bersih Bank BJB naik menjadi Rp 446 miliar.

Kompas TV Karnaval “Tanda Mata untuk Negeri” Meriahkan HUT Bank BJB
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.