Mantan Deputi Gubernur BI Jadi Komisaris Utama Bank Mandiri

Kompas.com - 21/08/2017, 18:59 WIB
Logo Bank Mandiri di Plaza Mandiri, Jakarta. KOMPAS.com/SAKINA RAKHMA DIAH SETIAWANLogo Bank Mandiri di Plaza Mandiri, Jakarta.
|
EditorMuhammad Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa ( RUPSLB) PT Bank Mandiri (Persero) Tbk memutuskan untuk mengangkat Hartadi A Sarwono sebagai Komisaris Utama perseroan. Hartadi menggantikan Wimboh Santoso yang terpilih sebagai Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain itu, RUPSLB Bank Mandiri juga memutuskan untuk mengangkat R Widyopramono sebagai komisaris. Sementara Darmawan Junaidi diangkat sebagai direktur.

Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo menuturkan, penunjukan komisaris yang baru diharapkan dapat menjaga kinerja positif perseroan seperti yang telah ditoreh pada semester I 2017 ini.

Hartadi merupakan mantan Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI). Selain itu, ia juga pernah menjabat sebagai Komisaris Utama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Adapun Darmawan akan menjabat sebagai Direktur Treasury Bank Mandiri.

"Hartadi Sarwono memiliki karier birokrat di BI yang berpengalaman dalam perbankan. Akan memperkuat jajaran komisaris Bank Mandiri dan memberikan nilai tambah dalam kepengurusan perusahaan ke depan," kata Kartika di Jakarta, Senin (21/8/2017).

Kartika menuturkan, saat ini Hartadi masih berstatus sebagai Komisaris Utama BNI. Dalam waktu dekat, Hartadi akan menjalani uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test.

Dalam kesempatan itu, RUPSLB juga menyetujui aksi korporasi berupa pemecahan saham (stock split) dengan rasio 1:2. Tujuannya adalah untuk meningkatkan volume transaksi perdagangan.

Pelaksanaan stock split akan ditentukan oleh perseroan dengan memperhatikan kondisi pasar. Pada penutupan perdagangan Jumat, 18 Agustus 2017, saham Bank Mandiri (BMRI) diperdagangkan pada Rp 13.100 per lembar saham.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X