Mentan Luncurkan Benih Padi Unggul dan Tahan Serangan Hama

Kompas.com - 21/08/2017, 19:00 WIB
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman (Dok Kementan) KOMPAS.com/PRAMDIA ARHANDO JULIANTOMenteri Pertanian Andi Amran Sulaiman (Dok Kementan)
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pertanian ( Mentan) Andi Amran Sulaiman meluncurkan benih padi varietas baru atau yang dikenal dengan dikenal dengan nama Green Super Rice (GSR). 

Mentan menjelaskan, GSR memiliki dua varietas padi yakni Inpari 42 Agritan GSR dan Inpari 43 Agritan GSR.

Kedua varietas tersebut memiliki keunggulan dibandingkan benih padi pada umumnya yakni produktivitas hasil padi bisa mencapai 10 ton per hektar.

Selain memiliki produktivitas yang tinggi, kedua varietas padi tersebut juga lebih ramah lingkungan, sebab mampu mengurangi penggunaan pestisida maupun pupuk kimia. 

Menurut Mentan, kedua varietas padi tersebut juga telah melalui tahap uji coba tanam dan mampu bertahan meski dilanda kekeringan maupun banjir. 

(Baca: Pemerintah Komitmen Kurangi Bibit dan Benih Impor)

Serta tahan terhadap serangan hama wereng di berbagai daerah seperti Karawang, Indramayu, Cilacap, Banyumas, dan Kebumen pada saat serangan hama wereng.

"Ini baru saja kita melepas varietas baru yaitu Inpari 42 dan 43, produktivitasnya 10 ton. Yang terpenting adalah ini tahan wereng dan kekeringan. Karena sekarang ada hama wereng tapi kita bisa selesaikan dengan baik," ujar Mentan Amran di Kantor Pusat Kementerian Pertanian, Ragunan, Jakarta, Senin (21/8/2017).

Adapun kedua benih varietas baru tersebut telah diprodukdi di Unit Produksi Benih Sumber (UPBS) Balai Besar (BB) Padi dan didistribusikan kepada pihak-pihak terkait, seperti UPBS Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan, serta produsen benih. 

Hingga Juli 2017, UPBS BB Padi telah mendistribusikan benih sumber Inpari 42 Agritan GSR dan Inpari 43 Agritan GSR masing-masing sebanyak 1,4 ton dan 1,3 ton yang tersebar di Propinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah. Saat ini stok benih Inpari 42 Agritan GSR dan Inpari 43 GSR masing-masing sebanyak 3,5 ton dan 5,3 ton benih sumber.

"Ke depan diharapkan benih tersebut terus menyebar luas dan memberikan dampak kepada kesejahteraan petani," pungkas Mentan.

Kompas TV Ribuan Warga Kunjungi Festival Tanam Padi di Tiongkok

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X