Pertamina: Konsumsi BBM Berkualitas Terus Meningkat

Kompas.com - 22/08/2017, 06:51 WIB
PT Pertamina (Persero) MOR I merealisasikan program BBM Satu Harga di beberapa wilayah terpencil di Sumatera Bagian Utara, Kamis (10/8/2017) KOMPAS.com/MEI LEANDHAPT Pertamina (Persero) MOR I merealisasikan program BBM Satu Harga di beberapa wilayah terpencil di Sumatera Bagian Utara, Kamis (10/8/2017)
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) menyatakan tren konsumsi masyarakat terhadap Bahan Bakar Minyak (BBM) berkualitas terus mengalami peningkatan signifikan.

Vice President Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito mengatakan, penjualan BBM berkualitas tinggi baik jenis gasoline maupun diesel menunjukkan perkembangan yang positif.

"Semakin tingginya penjualan BBM berkualitas tinggi mengindikasikan tahapan yang sudah dijalankan Pertamina sejauh ini on the track," katanya melalui keterangan resmi, Selasa (22/8/2017).

Adiatma menjelaskan, sebagai gambaran, porsi diesel berkualitas tinggi dan rendah juga mengalami perubahan cukup signifikan.

Pada periode Januari-Juli 2016, dari total penjualan BBM jenis diesel, porsi Solar, yang berkualitas rendah, masih sebesar 98,9 persen, sedangkan jenis diesel berkualitas tinggi yakni Pertamina Dex hanya 0,9 persen, dan Dexlite 0,2 persen.

(Baca: Terapkan BBM Satu Harga di 21 Wilayah, Pertamina Butuh Rp 300 Miliar)

Namun, penjualan BBM jenis diesel periode Januari-Juli 2017, menunjukkan porsi Solar turun menjadi 96,8 persen, sementara Dexlite naik menjadi 2 persen, dan Pertamina Dex meningkat menjadi 1,2 persen. 

Menurutnya, persentase kenaikan Dexlite pada periode Januari-Juli 2017 dibandingkan dengan periode yang sama 2016 hampir mencapai 1.000 persen, sedangkan Pertamina Dex tumbuh 57,6 persen.

"Berdasarkan data-data volume penjualan dan pergeseran konsumsi BBM tersebut menunjukkan kesadaran konsumen akan BBM yang berkualitas tinggi dan lebih ramah lingkungan makin meningkat," kata Adiatma.

Adiatma menjelaskan penjualan gasoline berkualitas tinggi lainnya terutama jenis Pertalite (RON 90) dan Pertamax (RON 92) serta diesel jenis Dexlite dan Pertamina Dex juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Penjualan BBM berkualitas jenis Pertalite selama Januari-Juli 2017 meningkat 363,7 persen dibandingkan periode sama 2016.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X