Perusahaan China Ingin Caplok Merek Mobil Jeep

Kompas.com - 22/08/2017, 08:00 WIB
Rendering Jeep Wrangler 2018. IndianautosblogRendering Jeep Wrangler 2018.
|
EditorAprillia Ika

NEW YORK, KOMPAS.com - Perusahaan otomotif asal China Great Wall Motor dikabarkan berminat untuk mencaplok Fiat Chrysler. Perusahaan otomotif Italia-AS tersebut juga merupakan pemilik Jeep.

Mengutip BBC, Selasa (22/8/2017), pihak Great Wall menyatakan keinginannya untuk mengakuisisi sebagian kepemilikan perusahaan produsen mobil terbesar ketujuh di dunia tersebut.

Great Wall sendiri adalah produsen mobil SUV terbesar di China. Akan tetapi, pihak Fiat Chrysler mengaku belum menerima pendekatan apapun dari Great Wall.

Dalam laporan sebelumnya dinyatakan, Great Wall sudah mengajukan pertemuan dengan pimpinan Fiat Chrysler untuk berdiskusi perihal pembelian merek Jeep.

Merek mobil berusia hampir 76 tahun tersebut dipandang sebagai aset Fiat Chrysler yang paling bernilai. (Baca: Dengan 4 Cara Ini, China Bisa Bikin Ekonomi Korea Utara Kacau)

Pasca kabar minat Great Wall itu, saham Fiat Chrysler menguat 2,8 persen di bursa saham Milan, Italia pada perdagangan Senin (21/8/2017).

"Jeep adalah pilihan yang paling logis, karena (Great Wall) ingin menjadi produsen SUV terbesar di dunia. Merek Jeep dikenal secara global, saya rasa Great Wall Motor membidik strategi global, bukan hanya AS," kata Yale Zhang, kepala konsultan Automotive Foresight.

CEO Fiat Chrysler Sergio Marchionne pernah menyatakan dirinya mencari mitra atau pembeli guna membantu mengelola biaya yang kian meningkat, regulasi emisi, dan pengembangan mobil listrik maupun mobil swakemudi.

Didirikan tahun 1984, Great Wall adalah produsen SUV dan truk pikap terbesar China. Menggandeng Geely, Great Wall bakal melesat menjadi produsen mobil China pertama yang masuk jajaran global.

Presiden Direktur Great Wall Wang Fengying masuk dalam peringkat ketujuh daftar wanita paling berpengaruh di Asia Pasifik versi Fortune. 

Kompas TV Persaingan di bisnis mobil jenis low mpv semakin panas dengan hadirnya merek “Wuling”.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X