Ternyata, Rahasia Kesuksesan Anda Tergantung pada Pasangan

Kompas.com - 22/08/2017, 14:10 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

NEW YORK, KOMPAS.com - Ada pepatah populer yang mengatakan bahwa "di balik pria sukses ada wanita hebat." Pepatah ini pun berlaku pula bagi para wanita sukses.

Ternyata, pepatah ini bukan sekedar pepatah, namun terbukti secara ilmiah. Sebuah studi yang dilakukan para peneliti di Carnegie Mellon University menunjukkan, mereka yang memiliki pasangan yang suportif memiliki kecenderungan yang lebih besar untuk sukses.

Mengutip CNBC, Selasa (22/8/2017), para peneliti mempelajari 163 pasangan yang sudah menikah dan menemukan bahwa orang-orang yang memiliki pasangan yang suportif cenderung berani mengambil tantangan.

Orang-orang yang siap menerima tantangan itu mengalami pertumbuhan pribadi yang lebih besar, serta kebahagiaan dan kesejahteraan psikologis hanya dalam beberapa bulan.

"Kami menemukan dukungan terhadap ide bahwa pilihan yang diambil seseorang terhadap poin keputusan spesifik, seperti mengejar kesempatan kerja sangat berarti bagi kesejahteraan jangka panjang," kata Brooke Feeney, kepala kajian studi tersebut dan profesor psikologi di Carnegie Mellon University.

Banyak orang sukses mendiskusikan pentingnya pasangan yang selalu mendampingi mereka. Misalnya saja adalah mantan presiden AS Barack Obama, yang menyatakan kesuksesan politiknya tak lepas dari dukungan sang istri, Michelle.

"Jelas saya tidak bisa melakukan apapun tanpa Michelle. Yang membuat saya tetap sadar, seimbang, dan memungkinkan saya menghadapi tekanan adalah wanita di samping saya. Ia bukan hanya Ibu Negara, tapi juga batu pelindung saya. Saya banyak bergantung padanya dalam banyak hal," ujar Obama kepada presenter kenamaan Oprah Winfrey tahun 2011 lalu.

Selain Obama, CEO Facebook Mark Zuckerberg juga menyatakan peran penting sang istri, Priscilla Chan dalam hidupnya. Menurut Zuckerberg, sang istri menginspirasinya untuk mencurahkan waktu untuk bekerja sosial.

"Priscilla adalah orang paling penting dalam hidup saya," ujar dia. Tentu saja hal ini juga berlaku bagi para suami yang mendukung kesuksesan istrinya.

Dalam sebuah wawancara dengan Winfrey pada tahun 2013 silam, penyanyi Beyonce menyatakan sang suami, rapper dan pengusaha Jay-Z, sangat mendukung dan membantunya dalam segala aspek.

"Saya tidak akan menjadi wanita seperti saat ini jika saya tak pulang ke pria ini (Jay-Z). Ini memberikan dasar yang baik bagi saya," tutur Beyonce.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.