Menteri BUMN Minta agar Pelabuhan Pomako Timika Diperbaiki

Kompas.com - 23/08/2017, 18:32 WIB
Menteri BUMN Rini Soemarno meninjau Pelabuhan Pomako, Timika, Papua, Rabu (23/8/2017) KOMPAS.com/YOGA SUKMANAMenteri BUMN Rini Soemarno meninjau Pelabuhan Pomako, Timika, Papua, Rabu (23/8/2017)
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

TIMIKA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) meminta agar Pelabuhan Pomako, Timika, Papua segara diperbaiki. Hal itu ia sampaikan saat berkunjung ke Kota Timika.

"Keadaan pelabuhan sudah tidak memadai," ujarnya kepada awak media di Timika, Papua, Rabu (23/8/2017).

Rini menilai pelabuhan yang menjadi pintu masuk barang-barang logistik dari luar Papua itu, perlu perluasan area. Sebab area saat ini dinilai tak lagi mampu menampung peti kemas yang ada.

Selain itu, Rini juga meminta agar pengelola pelabuhan untuk segera membangun dermaga baru. Hal ini penting melihat adanya potensi lebih banyak kapal datang membawa logistik untuk kebutuhan masyarakat Papua.

Sejauh ini Rini sudah mendapatkan laporan dari Kepala Pelabuhan Pomako terkait adanya persoalan lahan di area pelabuhan. Ia harap prosesnya yang sudah ada di pengadilan segara bisa diselesaikan.

"Kami (BUMN) juga akan menurunkan biaya logistik dari pangan. Akan banyak barang yang kita kirimkan melalui Timika. Tapi seperti yang dilihat diCsini, keadaan pelabuhan sudah tidak memadai," kata Rini.

Rencananya, Pelabuhan Pomako Timika akan dijadikan pelabuhan utama pengiriman barang ke Papua oleh beberapa BUMN.

Saat ini sejumlah BUMN bersinergi untuk mendorong penurunan harga komoditas di Papua. Teranyar, beberapa BUMN bersinergi menurunkan harga semen di Puncak Jaya dari Rp 2 juta menjadi Rp 500.000 per sak dan di Wamena dari lebih Rp 500.000 jadi Rp 370.000 per sak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.