Atur Kegiatan dengan Baik, Ikuti Kebiasaan Bill Gates dan Elon Musk

Kompas.com - 24/08/2017, 03:35 WIB
Bill Gates mengenakan topi saat menyaksikan pertandingan tenis di French Open 2009. Clive Brunskill/ Getty ImagesBill Gates mengenakan topi saat menyaksikan pertandingan tenis di French Open 2009.
|
EditorMuhammad Fajar Marta

NEW YORK, KOMPAS.com - Bill Gates dan Elon Musk adalah dua sosok yang paling dikenal di dunia teknologi saat ini. Keduanya tersohor lantaran inovasinya yang memberikan perubahan besar terhadap kehidupan.

Gates mendirikan Microsoft pada tahun 1975 silam dan membantu mengubah revolusi PC atau komputer personal. Gates, orang terkaya di dunia hingga saat ini, kini lebih fokus menghabiskan waktunya di bidang filantropi.

Sementara itu, Musk mendirikan jaring layanan pembayaran PayPal. Akan tetapi, saat ini dirinya membagi waktu antara perusahaan produsen mobil swakemudi Tesla dan SpaceX.

Baik Gates maupun Musk pastinya memiliki jadwal kegiatan yang padat dan banyak. Secara kebetulan, keduanya memiliki sebuah kesamaan kebiasan agar tidak terjebak rutinitas, yakni mencatat semua aktivitas harian mereka.

Mengutip Business Insider, Rabu (23/8/2017), dikabarkan bahwa Gates dan Musk sangat cermat menyusun dan menuliskan daftar kegiatan mereka. Bahkan, mereka mencatatnya dalam slot per 5 menit.

Nah, apa sebenarnya alasan dan tujuan perencanaan yang sangat terperinci seperti yang dilakukan Gates dan Musk?

Menurut Stephanie Vozza dari Fast Company, memecah hari Anda menjadi segmen-segmen kecil dapat mendorong produktivitas Anda. Selain itu, penjadwalan yang intensif seperti ini membantu Anda untuk tetap akuntabel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun demikan, dengan melakukan penjadwalan kegiatan yang sangat cermat, Anda dituntut untuk tidak mudah istirahat yang sebenarnya kurang diperlukan. Anda pun tidak perlu menjadi filantropi atau orang super kaya seperti Gates dan Musk untuk membuat jadwal kegiatan yang sangat rapi.

Apakah Anda pegawai kantoran, wiraswasta, ibu rumah tangga, atau mahasiswa, tak ada salahnya menata hari dengan lebih terencana dengan membuat jadwal kegiatan rinci.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.