Kompas.com - 24/08/2017, 06:12 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pupuk Indonesia (Persero) bakal mengembangkan tata kelola riset agar lebih terintegrasi.

Tata kelola ini diharapkan dapat memberikan hasil, inovasi, dan kreativitas riset yang lebih banyak dan berkualitas.

“Bahkan ditransformasikan menjadi salah satu pusat riset terkait pupuk dan pemupukan serta pangan terpandang. Tidak hanya di Indonesia, Asia Tenggara, tetapi juga dunia,” kata Komisaris Utama Pupuk Indonesia Bungaran Saragih dalam pernyataan resmi, Rabu (23/8/2017).

Bungaran mengatakan, pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan, teknologi, dan inovasi yang berbasis riset harus menjadi salah satu pondasi perusahaan.

Ini penting untuk memenangkan persaingan di masa mendatang sekaligus agar perusahaan dapat tumbuh, maju dan unggul secara berkelanjutan.

"Riset harus mampu menjadi ujung tombak efisiensi, diversifikasi, keunggulan dan kreatifitas perusahaan,” jelas dia.

Riset juga dipersiapkan untuk menangkap tren dan perkembangan agrobiokimia sebagai input pertanian dan pangan. Pasalnya, pengembangan ke arah produk ini potensinya besar dan tumbuh pesat serta strategis dalam mendukung pembangunan pertanian dan pangan nasional yang berkelanjutan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk langkah awal, kata Bungaran, Pupuk Indonesia akan menaikkan anggaran riset pada tahun 2018. Menurut dia , hal ini wajib dilakukan perseroan sebagai BUMN terbesar yang bergerak di bidang agrokimia. “Kita lihat riset sebagai investment, bukan cost (biaya),” ujar Bungaran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.