Pengelola Kawasan Industri Kini Rambah Bisnis Air Mineral

Kompas.com - 24/08/2017, 20:00 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) kini tidak hanya merupakan pengelola kawasan industri. Perseroan juga kini merambah bisnis ritel dengan menghadirkan produk air minum dalam kemasan (AMDK) bermerek JFresh.

Produk air mineral ini merupakan hasil kerja sama dengan Perusahaan Umum (Perum) Jasa Tirta II selaku produsen AMDK.

Direktur Keuangan dan Operasional JIEP Sitta Izza Rosdaniah menyatakan, kerja sama ini dilakukan lantaran JIEP belum memiliki teknologi dan pabrik untuk memproduksi sendiri.

"Untuk menghadapi pasar yang disruptif, kami harus mencari terobosan. Apa yang dibutuhkan dan basic needs, kami sendiri dan grup kita butuh itu. Kami mengisi value chain (rantai nilai)," kata Sitta kepada Kompas.com di Jakarta, Kamis (24/8/2017).

(Baca: Pelindo II Gandeng JIEP Bangun Area Logistik Syariah )

Sitta menyatakan, produk air mineral ini akan hadir memenuhi kebutuhan di kawasan JIEP. Pasalnya, saat ini JIEP diisi oleh sekitar 65.000 orang pegawai yang tentu saja menjadi pasar yang besar dan tersendiri bagi JIEP.

Selain itu, imbuh Sitta, JIEP juga kini tengah dikembangkan tak hanya sekedar kawasan industri.

Menurut Sitta, JIEP akan segera meluncurkan food center atau pusat kuliner dan pusat kreatif, yang digagas bersama Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

"Kami juga punya produk JIEP International Convention Center. Kami sudah mulai membangun financial center building," ungkap Sitta.

Untuk saat ini, JFresh akan memenuhi kebutuhan air minum di JIEP. Kawasan industri tersebut saat ini dihuni oleh setidaknya 400 perusahaan.

Terkait persaingan, Sitta mengaku pihaknya tidak terlalu cemas dengan persaingan dengan produk AMDK lain yang sudah lebih besar.

Pasalnya, persaingan pasti ada dalam setiap kegiatan usaha. Di samping itu, Sitta juga menyatakan tidak menutup kemungkinan JFresh dipasarkan ke daerah yang lebih luas.

Akan tetapi, untuk saat ini pihaknya masih akan fokus memasarkan produk air mineral tersebut untuk kebutuhan di kawasan JIEP sendiri.

Kompas TV Kopi Bening Ala Clear Coffee
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.