Jasa Marga Usulkan Gerbang Tol Cikarang Utama Dibongkar

Kompas.com - 25/08/2017, 05:00 WIB
Gerbang Tol Cikarang Utama menjelang puncak arus balik, Jumat (30/6/2017). KOMPAS.com/NIBRAS NADA NAILUFARGerbang Tol Cikarang Utama menjelang puncak arus balik, Jumat (30/6/2017).
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorMuhammad Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengusulkan kepada pemerintah untuk membongkar gardu tol Cikarang Utama. Hal ini untuk mengurangi kemacetan di jalan tol Cikampek.

Direktur Operasi II Jasa Marga, Subakti Syukur mengatakan, saat ini titik kemacetan di jalan tol Cikampek terpusat di gardu tol Cikarang Utama. Itu terjadi karena kendaraan dari segala arah untuk menuju jalan tol Cikampek harus melewati gardu tol Cikarang Utama.

"Terutama saat libur kan numpuk disitu. sebenarnya enggak perlu ada gerbang disitu," ujar Subakti di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis (24/8/2017).

Subakti menuturkan, jika gardu tol Cikarang Utama dibongkar, maka mekanisme pembayaran tolnya di gardu tol saat kendaraan masuk atau keluar saja.

Menurut Subakti usulan tersebut masih dibahas bersama Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT). "Ini kan baru usulan. Masih kita diskusikan dengan BPJT. Jadi enggak ada transaksi seperti di Karang Tengah. Kita harap sebelum lebaran Cikarang Utama ini sudah tidak ada," pungkas dia.

Rata-rata harian kendaraan yang melewati gardu tol Cikarang Utama mencapai 77.000 kendaraan. Untuk masa arus Lebaran rata-rata harian kendaraan yang melewati gardu tol tersebut lebih dari 100.000 kendaraan.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X