Layani Rute Cengkareng-Ho Chi Minh City, VietJet Tegaskan Tak Pakai Bikini

Kompas.com - 25/08/2017, 10:06 WIB
Direksi maskapai Viet Jet Air berfoto dengan pramugari setelah resmi mengumumkan rencana pembukaan rute Jakarta-Ho Chi Minh, di Hotel Mandarin Oriental Jakarta, Selasa, (22/8/2017). KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIADireksi maskapai Viet Jet Air berfoto dengan pramugari setelah resmi mengumumkan rencana pembukaan rute Jakarta-Ho Chi Minh, di Hotel Mandarin Oriental Jakarta, Selasa, (22/8/2017).
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan berbiaya rendah asal Vietnam VietJet akan segera melayani rute penerbangan dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang ke Ho Chi Minh City, Vietnam.

Namun, pihak VietJet menyatakan kepada Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bahwa pramugarinya takkan mengenakan bikini.

VietJet memang sebelumnya tersohor lantaran dalam suatu waktu para pramugarinya mengenakan bikini di dalam pesawat sebagai seragam.

Dalam suratnya kepada Budi, Wakil Presiden Direktur VietJet Nguyen Thanh Hung menyatakan hal itu tidak akan terjadi dalam penerbangan di Indonesia.

(Baca: Menhub: VietJet Air Tidak Akan Tampilkan Pramugari Berbikini)

 

"Terkait dengan banyaknya sorotan media mengenai pakaian bikini VietJet, kami ingin menegaskan kembali bahwa seragam VietJet sejalan dengan rasa hormat dan kesopanan yang tinggi, khususnya bagi pasar Muslim seperti Indonesia dan Malaysia," tulis Nguyen dalam suratnya, tertanggal Kamis (24/8/2017).

Nguyen pun mengungkapkan, pihaknya telah menerbitkan serangkaian siaran pers berisi klarifikasi mengenai busana bikini. Ia menegaskan, bikini bukanlah seragam resmi bagi pramugari VietJet.

"Bikini dikenakan hanya satu kali pada salah satu peluncuran rute penerbangan domestik di Vietnam terkait dengan tema destinasi pantai," jelas Nguyen.

(Baca: Miliarder Wanita Pertama di Asia Tenggara Ini Sukses Berkat Penerbangan Bikini)

 

Oleh sebab itu, dalam suratnya tersebut VietJet ingin menegaskan bahwa VietJet akan patuh pada persyaratan spesifik di suatu negara sejalan dengan rencana ekspansi pasar internasional maskapai itu.

Selain itu, untuk menghormati prinsip Islam, VietJet juga akan menyajikan hidangan halal di dalam penerbangan Jakarta-Ho Chi Minh City. Praktik ini sudah dijalankan pada rute penerbangan Kuala Lumpur-Ho Chi Minh City.

"Kami sangat menyesal atas ketidaknyamanan terkait beberapa kabar yang tidak terklarifikasi terkait seragam resmi VietJet oleh media lokal. Sekali lagi, kami tidak akan menggunakan bikini sebagai seragam," tutup Nguyen.

Kompas TV Dijemput Penjaga Pantai, Nelayan Vietnam Dideportasi

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X