Kompas.com - 26/08/2017, 11:59 WIB
- --
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah nasabah mengeluhkan ATM BCA off line pada hari ini, Sabtu (26/8/2017).

Corporate Secretary PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Jan Hendra mengakui ada ATM yang offline pada hari ini. Hal tersebut karena adanya gangguan satelit milik PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom), yakni Telkom 1.

"ATM-ATM kami yang menggunakan satelit Telkom mengalami gangguan sehingga offline. Namun, ada juga ATM kami yang tetap beroperasi, yakni yang tidak menggunakan jaringan Telkom," ujarnya saat dihubungi Kompas.com.

Jan menuturkan, pihaknya berupaya agar ATM yang offline segera bisa beroperasi. Ke depan, BCA juga akan lebih mendiversifikasi jaringan komunikasi untuk ATM, sehingga tidak tergantung pada beberapa provider satelit.

Sebelumnya di media sosial para nasabah BCA mempertanyakan banyaknya ATM yang offline sehingga mereka tidak bisa melakukan transaksi.

Nasabah-nasabah tersebut tersebar di berbagai wilayah di Jabodetabek, seperti Depok, Jakarta Barat, dan sebagainya.

Sementara itu, Telkom kemarin mengumumkan bahwa sekitar pukul 16.51 WIB terjadi gangguan satelit Telkom 1.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk mengatasi permasalahan itu, Telkom dibantu oleh Lockheed Martin selaku pabrikan satelit Telkom 1 tengah melakukan proses recovery dan diperkirakan layanan kembali normal sekitar pukul 02.00 WIB dini hari (26/08/2017).

Telkom 1 memiliki 36 transponder yang saat ini melayani kebutuhan transponder pelanggan di Indonesia dan regional.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.