Kompas.com - 26/08/2017, 19:35 WIB
Pengambilan uang tunai di Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Bank Mandiri, Jakarta KONTAN/MURADIPengambilan uang tunai di Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Bank Mandiri, Jakarta
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri Tbk menyatakan sebanyak 2.000 ATM diberbagai wilayah mengalami offline atau tidak dapat melakukan layanan transaksi nasabah akibat gangguan satelit Telkom 1.

"Satelit Telkom mengalami gangguan, Telkom 1 kalau tidak salah satelitnya, dan Bank Mandiri menjadi salah satu pengguna untuk ATM-ATM," ungkap Sekretaris Perusahaan PT Bank Mandiri Tbk, Rohan Hafas di Gili Trawangan, Lombok, Sabtu (26/8/2017).

Rohan mengatakan, saat ini Bank Mandiri memiliki jaringan ATM sebayak 17.000 di seluruh Indonesia.

"Dari 17.000 ATM, yang menggunakan jaringan Telkom itu sekitar 2.000 ATM, jadi kurang lebih 13-14 persen dari seluruh ATM Mandiri, jadi mudah-mudahan tidak mengganggu kami," papar Rohan.

Kendati demikian, Rohan menegaskan, gangguan ATM tersebut terjadi pada ATM yang lokasinya di wilayah terluar atau pulau-pulau terluar.

"Yang menggunkan satelit Telkom 1 rata-rata di daerah remote atau terluar, seperti pulau-pulau, kalau di daerah kota-kota besar berbeda jaringan," jelasnya.

Terkait dengan adanya gangguan tersebut, Bank Mandiri sudah melakukan antisipasi agar layanan transaksi kepada nasabah tidak terganggu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami melakukan switching (pengalihan) jaringan ke GSM," jelas Rohan.

Menurutnya, hingga saat ini belum terlihat dampak signifikan terkait gangguan tersebut.

"Karena mungkin letaknya di daerah terluar, transaksinya tidak banyak, dan penggunaan mobile banking sudah jauh lebih maju dibanding ATM," ujarnya.

Seperti diketahui, satelit Telkom 1 milik PT Telkom Indonesia Tbk mengalami gangguan akibat pergeseran posisi antena (pointing) dan menyebabkan jaringan ATM dari berbagai perbankan mengalami gangguan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.