Waskita Karya Targetkan Pembangunan LRT Palembang Rampung Oktober 2017

Kompas.com - 27/08/2017, 10:01 WIB
Sejumlah pekerja Light Rail Transit (LRT) melakukan upacara bendera di atas ponton di bantaran Sungai Musi Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (17/8/2017). Untuk memperingati HUT ke-72 RI, Waskita Karya menggelar peringatan hari kemerdekaan dengan upacara dan sejumlah perlombaan bagi pekerja LRT di Palembang. ANTARA FOTO / FENY SELLYSejumlah pekerja Light Rail Transit (LRT) melakukan upacara bendera di atas ponton di bantaran Sungai Musi Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (17/8/2017). Untuk memperingati HUT ke-72 RI, Waskita Karya menggelar peringatan hari kemerdekaan dengan upacara dan sejumlah perlombaan bagi pekerja LRT di Palembang.
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

PALEMBANG, KOMPAS.com - PT Waskita Karya (Persero) Tbk menargetkan pembangunan fisik kereta api ringan atau Light Rail Transit (LRT) Palembang rampung pada Oktober 2017. Hingga saat ini, progres pembangunan fisik mencapai 55 persen.

"Oktober, seluruh kontruksi fisik selesai. Saat ini sudah 55 persen progresnya," ujar Direktur Operasi II Waskita Karya, Adi Wibowo di Palembangan, Jumat (25/8/2017).

Adi menuturkan, setelah pembangunan fisik selesai, perseroan selanjutnya akan memasang rel LRT. Saat ini, terang dia, Waskita Karya telah memasang rel sepanjang 2 kilometer.

"Jadi November kami fokus pasang rel. Sekarang kami sembari membangun juga memasang rel," kata dia.

LRT akan memiliki 14 rangkaian kereta, dan rangkaian terdapat tiga gerbong. Dengan tiga gerbong, LRT Palembang dapat mengangkut 500 penumpang sekali jalannya.

"Jarak antara rangkaian kereta satu dan yang lainnya nanti berjarak 3-6 menit. Rangkaian kereta kami dapat dari PT INKA (Persero). Nantinya awal operasi baru enam rangkaian akan dioperasikan," pungkas dia.

Sekadar informasi, PT Waskita Karya (Persero) Tbk ditunjuk pemerintah untuk membangun dengan nilai kontrak investasi Rp 10,9 triliun Ditargetkan proyek infrastruktur itu akan dioperasikan pada Juni 2018.

LRT Palembang terdiri atas lintas pelayanan Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II – Masjid Agung Palembang –Jakabaring Sport City.

LRT Palembang juga akan dilengkapi dengan 13 stasiun dan 9 sub-tasiun, serta memiliki jembatan Sungai Musi dengan bentang sungai 350 meter.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X