Layanan ATM Perbankan Bermasalah, BI Pastikan Kliring Tetap Berjalan

Kompas.com - 28/08/2017, 05:48 WIB
Bank Indonesia sebagai Bank Sentral Republik Indonesia. Sakina Rakhma Diah Setiawan/Kompas.comBank Indonesia sebagai Bank Sentral Republik Indonesia.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak Jumat (25/8/2017) lalu, terjadi masalah layanan lada beberapa mesin anjungan tunai mandiri (ATM) beberapa bank. Masalah itu terjadi akibat gangguan pada satelit Telkom-1.

"Bank-bank tersebut Bersama Telkom sedang melakukan upaya pemulihan dengan mengalihkan koneksi dari satelit yang terganggu ke satelit Telkom 3S ataupun satelit lainnya," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Agusman dalam pernyataan resmi, Minggu (27/8/2017).

Agusman menuturkan, BI sebagai otoritas sistem pembayaran dan pengelolaan uang rupiah siap mendukung perbankan dalam melayani transfer dana masyarakat.

Caranya, BI memastikan bahwa sistem Bank Indonesia Real Time Gross Settlement (BI-RTGS), Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI), dan Bank Indonesia Scripless Securities Settlement System (BI-SSSS) berjalan dengan normal.

"Untuk mengantisipasi kebutuhan uang tunai di masyarakat, Bank Indonesia mendukung ketersediaan uang tunai di perbankan," ungkap Agusman.

Bank sentral, imbuh Agusman, terus memantau perkembangan pemulihan gangguan. BI pun akan terus berkoordinasi dengan perbankan dan lembaga-lembaga terkait.

"Untuk informasi lebih lanjut, masyarakat dapat menghubungi contact center masing-masing bank atau Bank Indonesia Contact Center (BICARA) 131," tutup Agusman.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.