BI: Kontribusi Digital Terhadap Ekonomi Meningkat

Kompas.com - 28/08/2017, 14:58 WIB
Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Mirza Adityaswara (tengah) pada seminar internasional The 6th International Accounting Conference di Hotel Tentrem Yogyakarta, Senin (28/8/2017). Dok. Bank IndonesiaDeputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Mirza Adityaswara (tengah) pada seminar internasional The 6th International Accounting Conference di Hotel Tentrem Yogyakarta, Senin (28/8/2017).
|
EditorAprillia Ika

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Mirza Adityaswara menyatakan, era globalisasi saat ini lebih mengedepankan aspek data. Arus data tersebut mentransmisi informasi, gagasan, dan inovasi.

"Kita sudah memasuki era baru digital globalisasi, ditentukan oleh arus data yang mentransmisikan informasi, gagasan dan inovasi," kata Mirza dalam seminar internasional di Hotel Tentrem Yogyakarta, Senin (28/8/2017).

Menurut Mirza, bagi sebagian ekonomi, kontribusi aspek digital terhadap perekonomian cenderung meningkat.

Hal ini terlihat dari pangsa pasar digital terhadap produk domestik bruto (PDB) yang meningkat, sehingga menjadi pendorong perkembangan era ekonomi digital.

(Baca: Ada Ekonomi Digital, Indonesia Tak Lagi Fokus Pada Sumber Daya Alam)

 

Mirza pun menyatakan, dunia saat ini lebih terhubung dibandingkan sebelumnya. Akan tetapi, makna konektivitas tersebut pun telah mengalami perubahan secara mendasar.

Mengutip penelitian McKinsey Global Institute tahun 2016, dalam satu dekade terakhir ekonomi digital telah menyumbang sekira 10 persen dari PDB dunia. Adapun nilainya mencapai sekitar 7,8 triliun dollar AS.

"Kami percaya bahwa ekonomi digital akan mengarahkan globalisasi menuju arah baru transaksi, seperti teknologi digital yang berperan dalam sektor keuangan melalui sistem pembayaran sebagai saluran transaksi ekonomi dan infrastruktur pasar keuangan," ungkap Mirza.

Kompas TV Kebanyakan perintis terlalu antusias menciptakan teknologi yang ternyata tidak relevan dengan kebutuhan masyarakat luas.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.