Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1.500 ATM BNI Kena Gangguan, Ini Layanan Antisipasinya

Kompas.com - 28/08/2017, 18:10 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak akhir pekan lalu, ribuan mesin anjungan tunai mandiri (ATM) sejumlah bank mengalami gangguan layanan. Gangguan tersebut disebabkan adanya gangguan pada satelit Telkom-1.

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk adalah salah satu bank yang terkena dampak. Sehubungan dengan adanya gangguan satelit Telkom-1 yang berdampak pada jaringan komunikasi sebagian dari outlet dan ATM, BNI tetap memberikan pelayanan semaksimal mungkin.

"Dengan demikian, nasabah dan masyarakat tetap dapat memperoleh pelayanan pada outlet-outlet yang terkena dampak gangguang satelit. Beberapa outlet tetap melayani dengan pelayanan-pelayanan terbatas," kata Corporate Secretary BNI Kiryanto dalam pernyataan resmi, Senin (28/8/2017).

Kiryanto menyampaikan permohonan maaf kepada para nasabah atas ketidaknyamanan bertransaksi yang dialami akibat gangguan jaringan komunikasi tersebut.

(Baca: Ribuan ATM Terganggu, Kapan Layanan Satelit Telkom 1 Normal Lagi?)

 

BNI memiliki lebih dari 17.000 ATM saat ini. ATM yang terkena dampak mencapai sekitar 1.500. Dari sekitar 1.600 outlet, 51 outlet terkena dampak gangguan.

Kiryanto mengungkapkan, BNI telah mendapatkan kepastian dari provider jaringan komunikasi bahwa ada petugas yang disiapkan untuk mendatangi outlet-outlet secara bertahap.

Sambil menunggu tuntasnya proses pemulihan oleh petugas dari perusahaan provider, BNI menetapkan langkah-langkah pelayanan secara terbatas.

Langkah-langkah tersebut adalah mengerahkan BNI Layanan Gerak (BLG) atau mobil-mobil yang didesain untuk memberikan perlayanan perbankan secara mobile.

Kedua, mengarahkan nasabah outlet-outlet yang terganggu jaringan komunikasinya ke outlet terdekat yang tidak mengalami gangguan.

"Untuk outlet yang tidak bisa dilayani BLG dan outlet terdekat cukup jauh (lebih dari 1 jam), maka diberikan layanan transaksi offline yang hanya terbatas untuk transaksi setoran tabungan saja," jelas Kiryanto.

BNI menghimbau agar nasabah juga menggunakan fasilitas electronic channel lainnya, yakni internet banking, mobile banking, phone banking dan SMS banking, disamping penggunaan ATM. Dengan demikian nasabah tetap dapat terlayani oleh layanan BNI dengan optimal.

Kompas TV Jaringan BRI Baru Pulih Sebagian

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com