Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luhut: Investor Singapura Minat Investasi Rp 2 Triliun LRT Jabodebek

Kompas.com - 29/08/2017, 07:15 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyebutkan terdapat investor dari Singapura yang ingin ikut membiayai proyek kereta api ringan atau Light Rail Transit (LRT) Jabodebek.

Rencananya, investor asal Singapura itu akan mengeluarkan Rp 2 triliun untuk membiayai LRT Jabodebek.

"Iya (ada investor dari Singapura) akan masuk," ujar Luhut saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator Kemaritiman, Jakarta, Senin (28/8/2017).

Namun Luhut tidak menyebutkan investor dari perusahaan apa yang akan ikut berinvestasi. (Baca: Menteri Luhut Klaim Ada Investor yang Tertarik Berinvestasi di LRT Jabodebek)

Dia hanya menyebutkan bahwa rencana perusahaan asal Amerika Serikat (AS), BlackRock, yang juga ingin ikut berinvestasi di LRT Jabodebek masih dalam tahap pembicaraan.

"Ini (BlackRock) lagi jalan terus prosesnya. Kan enggak secepat itu," jelas dia.

Dalam hal ini, Mantan Kepala Staf Presiden ini menuturkan, pemerintah kini sedang merumuskan peraturan pendukung terkait dengan skema pendanaan LRT Jabodebek.

Sebab, LRT Jabodebek salah pembangunan infrastruktur tanpa menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Ini kan pertama kali bikin LRT (tanpa APBN). Jadi peraturan-peraturan pendukungnya itu banyak yang belum ada. Jadi mesti dibuat supaya semua lancar, karena ini jadi copy paste untuk LRT-LRT lain," pungkas dia.

Pembangunan LRT sudah diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 98 Tahun 2015 tentang Percepatan Kereta Api Ringan atau Light Rail Transit Terintegrasi di Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi.

Dalam aturan itu disebutkan bahwa PT Adhi Karya Tbk ditunjuk sebagai badan usaha yang akan membangun prasarana LRT.

Untuk tahap pertama pembangunan LRT, nilai investasi ditaksir sekitar Rp 11,9 triliun atau separuh dari total proyek LRT yang dibangun Adhi Karya, yakni Rp 21,7 triliun.

Pada tahap pertama pembangunan LRT mencakup tiga trase, yaitu Cibubur-Cawang sepanjang 13,7 kilometer, Cawang-Dukuh Atas sepanjang 10,5 kilometer (Tahap I A) dan Bekasi Timur-Cawang sepanjang 17,9 kilometer (Tahap I B).

Kompas TV LRT Segera Hadir di Bandung

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com