Kompas.com - 29/08/2017, 14:54 WIB
Konferensi pers Menteri ESDM bersama Menteri Keuangan, dan CEO Freeport terkait progres perundingan dengan PT Freeport Indonesia di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (29/8/2017) KOMPAS.com/YOGA SUKMANAKonferensi pers Menteri ESDM bersama Menteri Keuangan, dan CEO Freeport terkait progres perundingan dengan PT Freeport Indonesia di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (29/8/2017)
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Chief Executive Officer (CEO) Freeport McMoRan Inc Richard Adkerson memastikan, PT Freeport Indonesia bersedia membayar setoran lebih besar kepada Indonesia.

Kepastian itu disampaikan langsung oleh Adkerson di depan Menteri ESDM dan Menteri Keuangan setelah perundingan alot antara Freeport dan pemerintah Indonesia sejak awal 2017 lalu.

"Kami telah menyetujui untuk membayar royalti yang lebih tinggi," ujarnya di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (29/8/2017).

Saat ini tutur ia, Freeport Indonesia juga terus berkomunikasi dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani dan pejabat Kementerian Keuangan terkait kewajiban pembayaran pajak dan non pajak lainnya.

(Baca: Sepakati 4 Poin Negosiasi, Freeport Bisa Beroperasi hingga 2041)

 

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani juga memastikan, perubahan status Freeport Indonesia dari kontrak karya ke Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) membuat penerimaan negara dari perusahaan tambang itu akan meningkat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Total lebih besar sudah di sepakati antara Freeport dan pemerintah," kata Sri Mulyani.

Namun mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu mengaku tak bisa menyebutkan besaran pasti royalti dan pajak yang wajib di bayar Freeport kepada Indonesia.

Meski begitu ia memastikan rincian komposisi besaran angka yang harus disetor Freeport akan di masukan ke dalam lampiran IUPK.

(Baca: Freeport Bersedia Lepas 51 Sahamnya ke Indonesia, Ini Sebabnya)

Kompas TV Pemerintah Beri Freeport IUPK Selama 8 Bulan

 

Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.