Freeport McMoran Tetap Ingin Pegang Kendali Freeport Indonesia

Kompas.com - 30/08/2017, 08:46 WIB
Areal tambang terbuka PT Freeport Indonesia di Grasberg, Timika, Papua, Kamis (24/11/2011). KOMPAS/B JOSIE SUSILO HARDIANTOAreal tambang terbuka PT Freeport Indonesia di Grasberg, Timika, Papua, Kamis (24/11/2011).
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Freeport McMoran memastikan bersedia melepas 51 persen saham PT Freeport Indonesia (PTFI) ke tangan Indonesia setelah perundingan renegosiasi kontrak panjang dengan pemerintah.

Namun, perusahaan asal Amerika Serikat itu masih memiliki keinginan untuk tetap memegang kendali operasi dan tata kelola PT Freeport Indonesia hingga 2041 mendatang.

"Jadwal dan proses divestasi sedang dibahas bersama Pemerintah," tulis Freeport McMoran dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Rabu (30/8/2017).

"Divestasi ini akan diatur sehingga FCX (Freeport McMoran) akan tetap memegang kendali atas operasi dan tata-kelola PTFI," sambung perusahaan yang bermarkas di Phoenix, Arizona, AS itu.

(Baca: Pemerintah Godok Formulasi Pajak untuk Freeport)

 

Selain bersedia melepaskan 51 persen saham, Freeport juga bersedia mengubah status Kontrak Karya (KK) yang sudah berusia 50 tahun menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Freeport juga bersedia untuk membangun pabrik pengolahan konsentrat atau smelter selama 5 tahun.

Terakhir, Freeport memberikan jaminan kepastian setoran lebih besar kepada pemerintah Indonesia.

"Tercapainya kesepahaman mengenai struktur kesepakatan bersama merupakan hal yang signifikan dan positif bagi seluruh pemangku kepentingan," kata Chief Executive Officer (CEO) Freeport McMoRan Inc Richard Adkerson.

(Baca: Sepakati 4 Poin Negosiasi, Freeport Bisa Beroperasi hingga 2041)

Kompas TV Pemerintah Beri Freeport IUPK Selama 8 Bulan

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.