Citibank, Bank Kustodian Pertama yang Layani "Account Operator" di Pasar Modal

Kompas.com - 30/08/2017, 11:32 WIB
Pembukaan Perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) oleh PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) dan Citibank NA, Rabu (30/8/2017). KOMPAS.com/SAKINA RAKHMA DIAH SETIAWANPembukaan Perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) oleh PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) dan Citibank NA, Rabu (30/8/2017).
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Citibank NA dan PT Citigroup Sekuritas Indonesia menandatangani kesepahaman mengenai layanan Account Operator. Layanan ini diluncurkan oleh PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI).

KPEI membuka pasar bagi layanan Account Operator berdasarkan regulasi Badan Pengawas Pasar Modal (Bapepam) kemudian Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang diterbitkan pada tahun 2010 dan direvisi pada 2012.

Account Operator mendukung perusahaan efek yang membutuhkan layanan optimal dari bank kustodian.

Layanan ini termasuk penyelesaian tarnsaksi surat berharga (settlement) dan asset servicing. Tujuannya adalah untuk meningkatkan efisiensi pasar modal di Indonesia dan daya saing.

(Baca: Citibank Proyeksikan Pertumbuhan Ekonomi 5,2 Persen Tahun Ini)

 

Perusahaan efek dapat mengalihkan biaya operasional tetap (fixed cost) menjadi biaya operasional bergerak (variable cost) dan mentransfer sejumlah risiko operasional ke bank kustodian yang dipilih.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan demikian, perusahaan efek dapat memfokuskan sumber daya internal pada aktivitas utama untuk meningkatkan volume perdagangan efek.

"Dengan kehadiran Citibank sebagai inisiator Account Operator di pasar modal Indonesia, dapat menjadi contoh bagi bank kustodian lainnya untuk dapat turut memperluas perannya dalam proses penyelesaian transaksi bursa," kata Direktur Utama KPEI Hasan Fawzi di Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (30/8/2017).

Citibank sendiri sudah menjadi bank kustodian di 63 negara. Selain itu, Citibank juga menjadi penyedia layanan Account Operator dan General Clearing Member di kancah global, termasuk beberapa pasar di Asia Pasifik.

Kompas TV BNI Sekuritas: IHSG Akhir Tahun Bisa Tembus 6.071
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.