Navigasi Dua Bandara Khusus Migas Dialihkan

Kompas.com - 30/08/2017, 21:00 WIB
Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi membuka HR Summit 2016 di Bandung, Jawa Barat, Rabu (5/10/2016). Estu Suryowati/KOMPAS.comKepala SKK Migas Amien Sunaryadi membuka HR Summit 2016 di Bandung, Jawa Barat, Rabu (5/10/2016).
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi ( SKK Migas) mengalihkan penyelenggaraan pelayanan navigasi penerbangan di Bandara Khusus Matak dan Pagerungan.

Untuk keperluan itu, SKK Migas menggandeng Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI/ AirNav Indonesia).

Kerja sama tersebut ditandatangani Kepala SKK Migas, Amien Sunaryadi dan Direktur Utama LPPNPI,p Novie Riyanto, Rabu (30/8).

Amien menjelaskan, saat ini terdapat 275 Kontraktor Kontrak Kerja Sama (Kontraktor KKS) produksi dan eksplorasi yang berada di bawah pengawasan dan pengendalian SKK Migas.

(Baca: Masihkah Industri Hulu Migas Berperan Penting untuk Pembangunan?)

Beberapa Kontraktor KKS berada pada daerah remote (terpencil), seperti Medco E&P Natuna Ltd menggunakan Bandar Udara Matak, Kepulauan Riau dan Kangean Energy Indonesia Ltd menggunakan bandar udara Pagerungan, Jawa Timur.

“Saat ini pelayanan kenavigasian kedua Bandara tersebut dilaksanakan oleh Kontraktor KKS pengguna,” kata Amien dalam pernyataan resmi.

Sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 77 Tahun 2012, Penyelenggaraan Pelayanan Navigasi Penerbangan di Indonesia dilakukan oleh Perum LPPNPI.

Mengacu Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 60 Tahun 2016 tentang Pengalihan Penyelenggaraan Pelayanan Navigasi Penerbangan, juga menyebutkan bahwa Bandar Udara Matak dan Pagerungan merupakan bagian dari Bandar Udara yang masuk sebagai Bandar Udara yang pelayanan navigasinya akan diambil alih oleh Perum LPPNPI.

(Baca: Ini Alasan ExxonMobil Hengkang dari Blok Migas East Natuna)

SKK Migas akan mendukung program pengalihan penyelenggaraan pelayanan navigasi penerbangan di Bandar udara yang digunakan untuk kegiatan Kontraktor KKS di seluruh Indonesia.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X