31 IKM Pamerkan Produknya di Plaza Indonesia

Kompas.com - 31/08/2017, 09:54 WIB
Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita saat berkunjung ke Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta, Jumat (28/7/2017).KOMPAS.com/PRAMDIA ARHANDO JULIANTO Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita saat berkunjung ke Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta, Jumat (28/7/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Ajang promosi maupun peningkatan akses pasar terhadap produk industri kecil menengah ( IKM) tengah dibuka oleh pemerintah dengan melibatkan pelaku usaha besar maupun pengelola pusat perbelanjaan.

Kali ini Kementerian Perdagangan bekerja sama dengan Plaza Indonesia guna menghadirkan produk-produk IKM dalam Pasar Kreasi Indonesia di Plaza Indonesia, Jakarta.

Dalam Pasar Kreasi Indonesia ditampilkan dari 31 IKM dipamerkan mulai dari industri home furniture, pakaian, aksesoris, dan kain tradisional Indonesia.

Menteri Perdagangan (Mendag), Enggartiasto Lukita, mengatakan kerja sama antara Kemendag dan Plaza Indonesia dilakukan agar menigkatkan akses pasar produk-produk unggul dalam negeri.

(Baca: Kemenperin Pertemukan IKM dengan BUMN dan Industri Besar)

"IKM tidak akan pernah bermimpi untuk bisa berjualan di mal. Tidak pernah mereka berpromosi dengan menampilkan produknya di mal bergengsi seperti Plaza Indonesia. Tetapi dengan kerja sama di berikan kesempatan seperti di Plaza Indonesia ini," ujar Mendag Enggartiasto saat membuka acara di Plaza Indonesia, Jakarta, Rabu (30/8/2017).

Mendag mengaharapkan, agar para pengelola pusat perbelanjaan di kota-kota besar di Indonesia agar menyediakan ruang promosi bagi pelalu IKM maupun Usaha Kecil Menengah.

Adapun, Pasar Kreasi Indonesia, menghadirkan berbagai produk kreatif lokal yang bertujuan untuk mengarahkan peIaku usaha agar siap masuk daIam strategi bisnis berorientasi ekspor.

Para pelaku usaha yang terseleksi ini merupakan representasi dari beragam produk kreatif bernilai tambah Indonesia mulai dari kain tradisional khas Indonesia, fashion hingga dekorasi rumah dan mebel.

Pameran Pasar Kreasi Indonesia dapat dijumpai di lantai 3 dan 4 Plaza Indonesia. Gelaran Pasar Kreasi Indonesia berlangsung dari 21 Agustus hingga 24 September 2017.

"Ini merupakan inisiatif Plaza Indonesia untuk memberikan product experience dan akses kepada pelaku usaha agar siap masuk ke industri ritel yang sesungguhnya. Apalagi selama ini kita pembeli, susah mendapatkan produk IKM, jadi produk IKM melalui acara ini dapat lebih dikenal masyarakat," imbuh Chairman of Plaza Indonesia Foundation, Arnes Lukman.

Kompas TV Apa yang harus digenjot untuk menaikkan level UMKM Indonesia?



EditorAprillia Ika


Close Ads X