Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan di Balik Penunjukan Jack Ma Sebagai Penasihat E-commerce Indonesia

Kompas.com - 31/08/2017, 19:18 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah telah resmi menunjuk pendiri sekaligus Executive Chairman Alibaba Group, Jack Ma menjadi penasihat steering committee roadmap e-commerce Indonesia.

Lantas apa alasannya? Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara  mengatakan, pemerintah mempercayai Jack Ma sebagai orang yang mampu menumbuhkan kepercayaan internasional kepada sektor e-commerce Indonesia.

"Agar nanti implikasinya orang (mau) investasi di Indonesia dan sebagainya," ujar Menkominfo di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Kamis (31/8/2017).

Ia menuturkan, kampanye roadmap e-commerce Indonesia mungkin tak akan dilihat dunia bila orang yang menyampaikannya hanyalah tokoh lokal. Namun bila orang itu sekaliber Jack Ma, maka Rudiantara yakin dunia akan melihat e-commerce Indonesia.

Pemerintah tutur dia, juga memiliki mimpi lain yaitu menjadikan Indonesia sebagai hub dari pusat kegiatan ekonomi digital regional. Rencana itupun sudah dibicarakan dengan Jack Ma.

"Terakhir kami bicarakan dengan Jack Ma adalah bagaimana mengembangkan SDM untuk memasok industri dalam negeri maupun jangka panjangnya," kata Menkominfo.

Salah satu hal yang manjadi topik perbincangan dengan Jack Ma adalah adanya usul pendirian sekolah atau institut yang bisa melahirkan SDM handal untuk mendorong perkembangan sektor e-commerce di regional Asia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com