Alasan di Balik Penunjukan Jack Ma Sebagai Penasihat E-commerce Indonesia

Kompas.com - 31/08/2017, 19:18 WIB
Menkominfo Rudiantara dengan Pendiri Alibaba Group Jack Ma KemenkominfoMenkominfo Rudiantara dengan Pendiri Alibaba Group Jack Ma
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorMuhammad Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah telah resmi menunjuk pendiri sekaligus Executive Chairman Alibaba Group, Jack Ma menjadi penasihat steering committee roadmap e-commerce Indonesia.

Lantas apa alasannya? Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara  mengatakan, pemerintah mempercayai Jack Ma sebagai orang yang mampu menumbuhkan kepercayaan internasional kepada sektor e-commerce Indonesia.

"Agar nanti implikasinya orang (mau) investasi di Indonesia dan sebagainya," ujar Menkominfo di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Kamis (31/8/2017).

Ia menuturkan, kampanye roadmap e-commerce Indonesia mungkin tak akan dilihat dunia bila orang yang menyampaikannya hanyalah tokoh lokal. Namun bila orang itu sekaliber Jack Ma, maka Rudiantara yakin dunia akan melihat e-commerce Indonesia.

Pemerintah tutur dia, juga memiliki mimpi lain yaitu menjadikan Indonesia sebagai hub dari pusat kegiatan ekonomi digital regional. Rencana itupun sudah dibicarakan dengan Jack Ma.

"Terakhir kami bicarakan dengan Jack Ma adalah bagaimana mengembangkan SDM untuk memasok industri dalam negeri maupun jangka panjangnya," kata Menkominfo.

Salah satu hal yang manjadi topik perbincangan dengan Jack Ma adalah adanya usul pendirian sekolah atau institut yang bisa melahirkan SDM handal untuk mendorong perkembangan sektor e-commerce di regional Asia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X