Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik Idul Adha, Kemenhub Minta Pertamina Sediakan Solar Kemasan

Kompas.com - 01/09/2017, 11:00 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meminta kepada PT Pertamina (Persero) agar menyediakan galon atau jerigen Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Solar di jalan tol maupun jalan nasional. 

Sebab, saat ini Pertamina hanya menyedia jerigen BBM jenis Premium atau Pertamax.  

Sekretaris Jenderal Kemenhub Sugihardjo mengatakan, memang Pertamina pada Lebaran kemarin telah mengantisipasi dengan jerigen-jerigen untuk galon-galon mobile.

"Tapi lupa kemarin itu BBM jenis Premium atau Pertamax semua, lupa (menyiapkan) jenis Solar, padahal 20 persen dari kendaraan yang ada menggunakan BBM jenis solar," ujar dia melalui keterangannya, Jumat (1/9/2017).  

(Baca: Jelang Idul Adha 2017, Pasokan BBM Dipastikan Aman)

Pria yang akrab disapa Jojo ini juga meminta agar masyarakat menggunakan fasilitas istirahat atau rest area sesuai kebutuhan.

Dia mengatakan pada masa libur panjang Idul Adha ini segala sesuatunya telah disiapkan dengan sebaik-baiknya oleh pihak-pihak terkait. Seperti Polda dan Dinas Perhubungan. 

"Kami bekerja sama sebaik-baiknya untuk mengamankan jalur ini. Beberapa evaluasi terhadap hal-hal yang perlu disempurnakan dari penyelenggaraan sebelumnya ini juga sudah dilakukan," tutur dia.

Dalam hal ini, Sugihardjo mengingatkan ada dua hal yang harus diperhatikan para pemudik yang menggunakan kendaraan darat.

(Baca: Menhub: Tol Darurat Brebes-Gringsing Tidak Difungsikan saat Idul Adha)

 

Pertama yaitu terkait kondisi kesehatan fisik pengendara dan kondisi kelaikan kendaraan. Dia berharap ini dapat melayani masyarakat baik yang akan mudik Idul Adha maupun liburan.

Kedua kalau dalam perjalanan tentu masyarakat diminta untuk memperhatikan kecepatan, tidak melanggar batas kecepatan dan rambu lalu lintas.

"Dalam hal terjadi kemacetan pengendara harus mematuhi apa yang menjadi arahan petugas," pungkas dia. 

Kompas TV Pelaksanaan Mudik 2017 Dinilai Sukses

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com