Kompas.com - 03/09/2017, 16:00 WIB
Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tanjung Jati B di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Rabu (23/8/2017) KOMPAS.com/NAZAR NURDINPembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tanjung Jati B di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Rabu (23/8/2017)
EditorAprillia Ika

KOMPAS.com - PT Astra International Tbk atau Grup Astra akhirnya masuk ke bisnis listrik. Mimpi lama perusahaan ini pun akhirnya terwujud.

Melalui PT United Tractors Tbk, mereka menandai proses pembangunan proyek pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Jawa IV di Jepara, Jawa Tengah lewat tahap groundbreaking.

Dalam debut perdana itu, United Tractors bergabung dalam konsorsium bersama dengan Sumitomo Corporation Group dan The Kansai Electric Power Co., Inc. Group. Ketiganya berhimpun di bawah bendera PT Bhumi Jati Power.

Total kopral nilai investasi PLTU Jawa IV atau yang juga disebut dengan PLTU Tanjung Jati Unit 5 dan 6, mencapai 4,2 miliar dollar AS.

(Baca: Astra International Ungkap Rahasia Bertahan saat Krisis)

Boy Gemino Kalauserang, Direktur PT Bhumi Jati Power mengatakan, sumber pendanaannya terdiri dari 20 persen kas internal dan 80% pinjaman sindikasi perbankan.

Target pembangunan PLTU Jawa IV hingga selesai memakan waktu 50-54 bulan atau hingga tahun 2021.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"EPC contractor-nya itu dari Sumitomo dan PT Wasa Mitra Engineereing," ujar Sara K. Loebis, Sekretaris Perusahaan PT United Tractors Tbk saat ditanya KONTAN di Jepara, Jawa Tengah, Kamis (31/8/2017).

Segera setelah pembangunan PLTU Jawa IV rampung, United Tractors bisa segera menikmati pendapatan penjualan listrik. Hanya saja, mereka tak memberkan proyeksi pendapatannya.

Manajemen United Tractors hanya mengatakan, tarif listrik dalam perjanjian jual-beli atau power purchase agreement (PPA) PLTU Jawa IV di bawah tarif maksimum yang ditetapkan pemerintah.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.