Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YLKI: Jangan Hanya Layani Konsumen Hanya Saat Hari Pelanggan Nasional

Kompas.com - 04/09/2017, 08:40 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam rangka memperingati Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) yang jatuh tiap 4 September, banyak pelaku usaha atau produsen yang menyapa para konsumen atau pelanggannya. Yakni dengan memberi diskon, tarif promo, membagi-bagikan hadiah, dan lain-lain.

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mengapresiasi hal tersebut. Namun, seharusnya pelayanan itu tidak hanya diberikan saat peringatan Harpelnas saja.

"Pelaku usaha atau produsen seharusnya menyapa konsumennya setiap saat. Jangan jadikan momen Harpelnas sebagai acara seremonial saja," kata Tulus Abadi, Ketua Pengurus Harian YLKI, dalam keterangan tertulisnya yang diterima Kompas.com, Senin (4/9/2017).

Yang lebih penting lagi, YLKI mendorong semua pelaku usaha melakukan edukasi secara berkelanjutan terkait hak dan kewajiban pelanggan sebagai konsumen. Dengan demikian, konsumen dapat lebih cerdas dalam menggunakan barang atau jasanya.

Kemudian, ia menyarankan agar produsen tidak "alergi" terhadap berbagai saran dan kritikan yang datang. Terutama jika kritik tersebut mengenai pelayanan dan kualitas produk.

"Kritik konsumen seharusnya menjadi feedback dan 'vitamin' bagi pelaku usaha untuk meningkatkan performa pelayanan secara keseluruhan," kata Tulus.

Ironisnya kini banyak pelaku usaha justru terkesan defensif jika dikritik oleh para konsumennya. Terlebih, tak sedikit pelaku usaha yang melakukan upaya pelaporan pidana terhadap konsumennya.

"Ini jelas fenomena yang sangat kontra produktif dengan Harpelnas, dan merupakan pembungkaman terhadap hak-hak pelanggan," kata Tulus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com