Korea Utara Uji Bom Nuklir, Harga Emas Bersinar

Kompas.com - 04/09/2017, 10:41 WIB
Ilutrasi emas batangan ThinkstockIlutrasi emas batangan
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

TOKYO, KOMPAS.com - Harga emas dunia menguat signifikan setelah ketegangan di Semenanjung Korea kembali memanas.

Korea Utara menyatakan telah melakukan uji bom hidrogen pada akhir pekan lalu. Mengutip CNBC, Senin (4/9/2017), emas spot diperdagangkan pada level 1.336,79 dollad AS per ons. Angka ini menguat dibandingkan kisaran 1.324 dollar AS per ons.

Pada perdagangan sebelumnya, emas diperdagangkan pada level 1.336,35 dollar AS per ons. Emas dipandang sebagai safe haven atau aset aman yang dipilih para investor ketika ada peristiwa yang genting.

Reuters mengabarkan, Korea Utara melakukan uji nuklir keenam dan paling besar pada Minggu (3/9/2017). Pihak Korea Utara menjelaskan, uji nuklir tersebut adalah bom hidrogen mutakhir untuk misil jarak jauh.

Uji ini direspon sebagai ancaman bagi Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya. AS menyatakan bakal memberikan respon militer secara masif jika uji ini mengancam AS dan sekutu-sekutunya.

Menteri Pertahanan AS James Mattis menyatakan, Presiden Donald Trump meminta untuk diberikan informasi secara terperinci mengenai semua opsi militer yang ada.

"Pasar terus merespon setiap eskalasi yang terjadi di Korea Utara seperti sebelumnya. Mereka membeli yen, franc Swiss, obligasi, dan emas," kata Sean Callow, strategist senior di Westpac.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Reuters
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X