Bisnis Pergudangan Terkena Berkah "Booming E-Commerce"

Kompas.com - 04/09/2017, 22:00 WIB
Ilustrasi e-commerce usabilitygeek.comIlustrasi e-commerce
|
EditorAprillia Ika

MEDAN, KOMPAS.com - Tumbuh pesatnya e-commerce di Indonesia menunjukkan penjualan melalui jalur online semakin mudah dan terjangkau.

Data sensus milik Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan, industri e-commerce Indonesia dalam 10 tahun terakhir tumbuh sampai 17 persen dengan total jumlah usaha 26,2 juta unit.

Riset global dari Bloomberg menyatakan pada 2020 nanti, lebih dari separuh penduduk Indonesia akan terlibat dalam aktivitas e-commerce.

Pemerintah juga memberikan dukungan yang sangat besar agar pertumbuhan e-commerce semakin kuat.

Salah satu langkah yang diupayakan dan ditempuh adalah dengan menggandeng Jack Ma, pendiri raksasa e-commerce China, Alibaba, untuk menjadi penasihat khusus e-commerce Indonesia.

(Baca: Alasan di Balik Penunjukan Jack Ma Sebagai Penasihat E-commerce Indonesia)

"Selain memberikan dukungan pada e-commerce, pemerintah juga melakukan pembangunan infrastruktur. Ini saling berhubungan karena berdampak pada sistem pengiriman barang dan pergudangan di Indonesia," Direktur Sales dan Marketing Wiraland, Jenny Lok, Senin (4/9/2017).

Meningkatnya sektor e-commerce juga meningkatkan permintaan terhadap sarana pergudangan.

Lembaga konsultan properti Jones Lang Lasalle (JLL) menyebutkan, terbatasnya pasokan yang dibutuhkan dalam aktivitas e-commerce menjadi salah satu faktor yang membuat pengembang semakin melirik sektor modern warehouse (gudang penyimpanan modern).

Sebab, bila dibandingkan dengan China dan Singapura tempat menjamurnya aktivitas e-commerce, maka pasokan pergudangan di Indonesia masih tergolong rendah.

Sebagai pengembang, Wiraland harus melibatkan diri bergerak cepat memenuhi permintaan modern warehouse yang semakin meningkat seiring pertumbuhan e-commerce di Indonesia.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X