Ingin Ganti Pekerjaan? Lakukan 5 Hal Ini Dulu

Kompas.com - 05/09/2017, 05:46 WIB
ilustrasi berhenti kerjaijeab ilustrasi berhenti kerja

JAKARTA, KOMPAS.com - Berganti pekerjaan bukanlah hal yang tidak mungkin. Ada beragam alasannya, seperti perusahaan yang mulai bangkrut, lingkungan kerja tak lagi menyenangkan, hingga Anda dipecat, dirumahkan, atau bahkan Anda bosan.

Namun seringkali berganti pekerjaan adalah sepenuhnya pilihan Anda sendiri. Sebelum memutuskan untuk berganti haluan dalam pekerjaan, ada baiknya Anda berpikir dan persiapkan secara masak-masak.

Mengutip Seattle Times, Selasa (5/9/2017), ada setidaknya 5 hal yang harus Anda lakukan sebelum berganti pekerjaan.

1. Ketahui alasan Anda ingin ganti pekerjaan

Buatlah semacam daftar alasan Anda tidak menyukai pekerjaan saat ini sehingga Anda tidak melamar ke pekerjaan yang mirip. Kalau gaji adalah alasannya, ketahui berapa sebenarnya gaji yang Anda inginkan.

Apabila Anda senang dengan pekerjaan saat ini, buat pula daftar alasannya. Sehingga, Anda bisa mengaplikasikannya pada pekerjaan selanjutnya.

2. Identifikasi area yang beririsan antara pekerjaan lama dan baru

Kalau tidak ada, maka keahlian yang penting dalam bekerja seperti organisasi, ketelitian, dan komunikasi dapat dengan mudah diaplikasikan pada pekerjaan berikutnya. Jangan sungkan untuk kembali melakukan hal-hal baik yang sudah Anda lakukan pada pekerjaan sebelumnya.

3. Sadari bahwa memperoleh pekerjaan baru butuh waktu

Jika ada jeda antara pekerjaan lama dan baru, jangan ragu untuk meningkatkan keahlian atau menambah sertifikasi. Menabunglah dan selesaikan utang, serta bangun jejaring baru. Sadari pula bahwa Anda bisa tetap melakukan pekerjaan yang lama sambil mencari yang baru.

4. Tegaskan apa yang Anda inginkan

Anda dapat membuat daftar mengenai apa yang harus Anda miliki pada pekerjaan baru, semisal jadwal yang fleksibel atau besaran gaji tertentu dan apa yang bisa dikompromikan.

5. Yakini kemungkinan adanya perubahan

Setelah melakukan pekerjaan tertentu selama beberapa tahun, Anda akan mulai memandang dan mengidentifikasi diri Anda dalam cara tertentu.

Perubahan karier berarti perubahan identitas dan ini bisa menjadi tantangan atau malah ancaman tersendiri. Dengan demikian, persiapkan apa yang mungkin akan terjadi dan teruslah mengejar tujuan Anda. 



EditorBambang Priyo Jatmiko

Close Ads X