Amankan Slot Kosong Satelit Telkom 1, Menkominfo Lapor ke ITU

Kompas.com - 05/09/2017, 18:02 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (28/8/2017). Rakhmat Nur Hakim/Kompas.comMenteri Komunikasi dan Informatika di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (28/8/2017).
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara masih berupaya mengamankan satu slot satelit yang kosong pasca rusaknya Satelit Telkom 1 milik PT Telkom Indonesia.

Pemerintah sudah melaporkan slot kosong itu kepada International Telecomunication Union (ITU) sebagai lembaga di bawah PBB yang mengurus slot orbit satelit.

“Kemarin notifikasi sudah di kirim ke ITU,” ujarnya di Kantor Telkom, Jakarta, Selasa (5/9/2017).

Menurut dia, laporan itu adalah salah satu proses administrasi awal yang harus dilakukan untuk mengamankan slot kosong satelit Telkom 1 sehingga tidak ada negara lain yang mengambil slotnya. 

Menurut Menkominfo, Telkom sjdah memiliki rencana untuk meluncurkan satelit Telkom 4 sebagai pengganti Telkom 1 pada Agustus 2018 mendatang.

(Baca: M)enkominfo Santai Tanggapi Kabar Hancurnya Satelit Telkom 1

“Kami pastikan bahwa pemeritah fokus mengamankan slotya agar pada saat tahun depan nanti Telkom meluncurkan satelit penganti Telkom 1 tidak masalah dari sisi penggunaan slotnya,” kata dia.

Seperti diketahui, Satelit Telkom 1 yang sudah beroperasi lebih dari 15 tahun mengalami gangguan pada akhir Agustus 2017 lalu. Akibatnya, 11.574 site jaringan mengalami gangguan.

Site jaringan itu terdiri dari 11.574 site jaringan anjungan tunai mandiri (ATM) dan 3.445 site jaringan non ATM itu adalah non ATM.

Akibatnya, ribuan ATM mengalami offline. Telkom lantas memutuskan untuk melakukan migrasi layanan pelanggan Satelit Telkom 1 menyusul terjadinya gangguan pada satelit tersebut.

(Baca: Gantikan Telkom 1, Satelit Telkom 4 Akan Diluncurkan Agustus 2018 )

Kompas TV BI juga instruksikan bank menyediakan alternatif untuk transaksi nasabah.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X