Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AP I akan Tambah Sejumlah Fasilitas di Bandara El Tari Kupang

Kompas.com - 06/09/2017, 08:04 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com - Bandar Udara (Bandara) Internasional El Tari Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) saat ini tengah mempersiapkan untuk menambah sejumlah infrastruktur pendukung di dalamnya.

General Manager Angkasa Pura I Bandara El Tari Kupang Wahyudi mengatakan, pihaknya akan menambah garbarata dan melakukan perluasan area bandara.

"Kami sudah mulai lakukan pengembangan bandara menjadi dua lantai dan penambahan dua garbarata,"kata Wahyudi kepada sejumlah wartawan di Kupang, Selasa (5/9/2017).

Selain itu juga lanjut Wahyudi, bandar udara terbesar di NTT itu akan diperluas dari 7.400 meter persegi menjadi 15.900 meter persegi.

Menurut Wahyudi, proses pengerjaanya seharusnya sudah dikerjakan mulai Bulan September atau Oktober 2016 lalu, tapi karena detail desainnya belum jadi dan terdapat beberapa perubahan sehingga dipastikan mulai dikerjakan Bulan November 2017 mendatang.

Wahyudi mengatakan, alasan perluasan bandara dan penambahan infrastruktur lainnya karena kondisi bandara mengalami kelebihan kapasitas.

Jumlah penumpang sebanyak 1,9 juta per tahun. Sedangkan bandara saat ini kondisinya hanya bisa menampung 1,3 orang penumpang per tahun. Hal itu kata Wahyudi, berarti sudah overload sekitar 600.000 penumpang.

"Rencana Bandara El Tari akan dibangun dua lantai. Bagian bawah untuk chek in area dan bagian atas untuk boarding. Nanti kami lengkapi dengan dua garbarata," sebut Wahyudi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com