Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkab Purbalingga dan AP II akan Teken MoU untuk Pembangunan Bandara Jenderal Sudirman

Kompas.com - 06/09/2017, 09:17 WIB
Iqbal Fahmi

Penulis

PURBALINGGA, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Purbalingga dan PT Angkasa Pura (AP) II akan menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) terkait pembangunan bandara Jenderal Besar Soedirman, Kamis (14/9/2017) pekan depan.

MoU tersebut yang nantinya menjadi dasar pelaksanaan pembangunan Lanud Jenderal Besar Soedirman menjadi bandara komersial, dari sebelumnya sebagai pangkalan TNI AU.

Bupati Purbalingga, Tasdi mengatakan, setelah dilakukan penandatanganan tersebut, PT AP II sebagai pelaksana proyek akan menyusun Detail Enginering Design (DED).

“Proses pembangunan akan diawali dengan peletakan batu pertama bersamaan dengan hari jadi Kabupaten Purbalingga ke 187, tanggal 18 Desember 2017,” katanya Selasa (5/9/2017).

Bandara tersebut rencananya akan selesai dibangun dan mulai beroperasi tepat satu tahun kedepan, yakni 18 Desember 2018. Dia berharap, keberadaan bandara tersebut akan membawa dampak positif terutama bagi perkembangan sektor ekenomi di wilayah Jateng Barat bagian Selatan.

“PT Angkasa Pura II akan mengalokasikan anggaran sebesar Rp 350 Miliar untuk pembangunan tahap pertama,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Purbalingga Tongat mengatakan, pihaknya memberikan dukungan penuh atas rencana pembangunan Bandara Jenderal Sudirman.

Bentuk dukungan dilakukan dengan menyetujui alokasi anggaran di APBD Perubahan tahun 2017 guna pembebasan lahan untuk kepentingan proyek bandara.

“Kami telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 30 miliar untuk pembebasan lahan. Ada lahan seluas 4,2 hektar milik 60 Kepala Keluarga (KK) yang yang akan digunakan untuk pembangunan bandara. Proses ganti rugi diharapkan bisa berjalan lancar,” katanya.

Seperti diberitakan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang melakukan kunjungan ke bandara Soedirman, di Desa Wirasaba, Kecamatan Bukateja, Purbalingga, Jawa Tengah memastikan bandara Jenderal Besar Soedirman Purbalingga akan beroperasi paling lambat akhir tahun 2018.

PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) akan menjadi operator atau pengelola bandara ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com