Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benih Tembakau dari Lombok Sudah Sampai Afrika

Kompas.com - 07/09/2017, 14:03 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

MATARAM, KOMPAS.com - Pulau Lombok tak hanya dikenal sebagai salah satu surga pariwisata, namun juga lumbung pertanian nasional.

Tak hanya padi, jagung, atau bawang, tetapi juga tembakau. Bahkan benih Tembakau Virginia dari Pulau Seribu Mesjid itu sudah go internasional. Tak tanggung-tanggung, benih tembakau dari Lombok sudah didistribusikan hingga lintas benua.

"Sudah ke Afrika," ujar Kuswanto, Pelatih Training Farm PT Sadana Arifnusa di Desa Puyung, Lombok Tengah, Kamis (7/9/2017).

Salah satu perusahaan asal Lombok yang mengembangkan benih Tembakau Virginia adalah PT Sadana Arifnusa. Perusahaan ini menjadi penyuplai tembakau ke Amerika Serikat (AS) sebagai pusat tembakau dunia.

Dari AS, Tembakau Virginia yang dikembangkan di Lombok didistribusikan ke berbagai negara termasuk ke Afrika oleh perusahaan asal AS yaitu North Carolina Good Leave.

Saat ini, produksi benih Tembakau Virginia Lombok mencapai 160 kg per tahun. Sementara kebutuhan benih Tembakau Virginia di Lombok hanya 105 kg per tahun untuk 15.000 hektar lahan.

Dari sisi harga, benih Tembakau Virginia Lombok dihargai Rp 50 juta - Rp 60 juta per kg dengan hitungan 1 kg benih tembakau bisa digunakan untuk 125 hektar lahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com