Jubah Harimau Putih Hingga Pedang, Hadiah Arab Saudi untuk Trump

Kompas.com - 07/09/2017, 15:49 WIB
|
EditorMuhammad Fajar Marta

NEW YORK, KOMPAS.com - Ketika masih dalam masa kampanye calon presiden, Donald Trump kerap melontarkan kritik tajam pada Arab Saudi terkait isu hak asasi manusia.

Trump juga mengkritik lawannya, Hillary Clinton lantaran yayasan keluarganya menerima donasi dari Arab Saudi.

Namun, sikap keras Trump pada Arab Saudi tersebut tidak ditunjukkannya ketika telah menjadi presiden. Bahkan, laporan yang dirilis Departemen Luar Negeri AS menunjukkan, Trump menerima sejumlah hadiah dari Arab Saudi.

Mengutip The New York Times, Kamis (7/9/2017), laporan tersebut memuat daftar yang berisi lebih dari 80 hadiah yang diberikan Arab Saudi kepada Trump. Hadiah tersebut diberikan saat Trump mengunjungi negeri di Timur Tengah tersebut pada Mei 2017.

Hadiah-hadiah yang diberikan pun amat eksotis nan mahal. Salah satunya adalah pakaian tradisional dengan bordir perak bermotif floral dan sarung senjata berbahan kulit.

Hadiah lain yang sangat mencolok adalah sebilah pedang yang merupakan replika pedang Kuwaiti Constitution. Trump juga diberikan pakaian putih tanpa lengan berbahan sutra dan dua buah jubah dengan bahan dari kulit harimau putih.

Tak hanya itu, Trump juga memperoleh sebuat potret diri serta tiga busana berbahan chiffon, masing-masing berwarna kuning, merah jambu pucat, serta kuning.

Belum jelas apakah Trump juga memberikan hadiah yang sama mewahnya kepada pemimpin Arab Saudi.

Namun, Trump jelas memberikan hadiah besar dalam bentuk lain, yakni pembicaraan mengenai Iran serta kesepakatan pembelian senjata senilai 110 miliar dollar AS.

Hadiah yang diberikan Arab Saudi kepada Trump tersebut begitu disoroti di dunia maya, bukan hanya karena kemewahannya, namun juga keanehannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.