Kemendag Evaluasi HET Beras Dalam 14 Hari

Kompas.com - 08/09/2017, 07:11 WIB
Konferensi Penetapan HET Beras di Kantor Kemendag Jakarta, Kamis (24/8/2017) KOMPAS.com/ACHMAD FAUZIKonferensi Penetapan HET Beras di Kantor Kemendag Jakarta, Kamis (24/8/2017)
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perdagangan ( Kemendag) menegaskan tidak memutuskan sepihak atas kebijakan Harga Eceran Tertingi ( HET) pada komoditas beras 

Namun, kebijakan HET hasil dari kesepakatan antara petani, pelaku usaha, dan pedagang pada komoditas beras itu sendiri.

"Penetapan HET pada beras itu melalui proses yang panjang. Jadi kita tidak menetapkan sendiri, penetapan harganya bersama-sama kok," ujar Direktur Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting Kemendag, Ninuk Rahayuningrum di Jakarta, Kamis (9/7/2017). 

Ninuk menuturkan, penetapan HET pada beras juga tidak akan merugikan petani, pelaku usaha, dan pedagang. Dia menjelaskan, adanya HET hanya mengurangi keuntungan. 

(Baca: Mendag Beri Kelonggaran Waktu untuk Pelaku Usaha Terapkan HET Beras)

 

"Sebetulnya begini, kita waktu dengan pelaku usaha menetapkan keuntungan margin yang seharusnya. Dan kita melakukan penelitian sebelum menetapkan. Kami berharap ini tidak merugikan tetapi hanya mengurangi keuntungan," jelas dia. 

Ninuk menambahkan, Kemendag akan mengevaluasi kebijakan HET pada komoditas beras yang telah dijalankan sejak 1 September 2017.

"Kami akan mengevaluasi dalam 14 hari," pungkas dia. 

Seperti diketahui, pemerintah telah menetapkan Harga Eceran Tertinggi (HET) beras per 1 September 2017.

Untuk wilayah Jawa, Lampung dan Sumatera Selatan, beras medium Rp 9.450 per kilogram dan premium Rp 12.800 per kilogram.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X