Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agustus 2017, Keyakinan Konsumen Indonesia Melemah

Kompas.com - 08/09/2017, 09:02 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) dalam Survei Konsumen menyatakan bahwa keyakinan konsumen pada Agustus 2017 cenderung melemah. Namun, bank sentral mengatakan, keyakinan konsumen tersebut masih berada dalam level yang tinggi.

Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Agustus 2017 tercatat sebesar 121,9. Angka tersebut lebih rendah 1,5 poin dibandingkan pada bulan sebelumnya yang tercatat sebesar 123,4.

"Hasil survei mengindikasikan terjaganya optimisme konsumen tersebut ditopang terutama oleh ekspektasi terhadap meningkatnya ketersediaan lapangan kerja dalam 6 bulan mendatang," tulis BI dalam pernyataan resmi, Jumat (8/9/2017).

Meskipun demikian, menurunnya persepsi konsumen terhadap penghasilan saat ini dan ketepatan waktu pembelian barang tahan lama (durable goods) menyebabkan lebih rendahnya IKK.

(Baca: Mei 2017, Keyakinan Konsumen Indonesia Meningkat)

 

Sejalan dengan penurunan indeks penghasilan saat ini, rata-rata rasio pengeluaran untuk konsumsi juga menurun 0,2 persen menjadi 63,8 persen. Selain itu, rasio pembayaran cicilan juga menurun 0,3 persen menjadi 15,1 persen.

Sebaliknya, porsi tabungan meningkat sebesar 0,5 persen menjadi 21,1 persen. Penurunan konsumsi yang diikuti dengan peningkatan porsi tabungan merupakan indikasi adanya penyesuaian perilaku pola konsumsi masyarakat.

"Konsumen memperkirakan tekanan harga meningkat pada 3 dan 6 bulan mendatang. Namun, tekanan harga dalam 12 bulan mendatang diperkirakan menurun," ujar BI.

Kompas TV Di paruh pertama tahun ini, pertumbuhan ekonomi hanya melaju 5,01%

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com