Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekonom Optimistis Indeks Keyakinan Konsumen Menguat di September

Kompas.com - 08/09/2017, 09:10 WIB

KOMPAS.com - Hasil survei konsumen di bulan lalu yang dilakukan oleh Bank Indonesia (BI) menunjukkan, Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Agustus 2017 sebesar 121,9. Posisi itu turun 1,5 poin dibanding bulan Juli 2017.

Berdasarkan laporan tersebut, Indeks Kondisi Ekonomi Saat ini (IKE) Agustus turun 2,6 poin dari bulan sebelumnya. Indeks Ekspektasi Kondisi Ekonomi (IEK) juga turun 0,4 poin dari posisi bulan sebelumnya.

Ekonom Samuel Aset Manajemen Lana Soelistianingsih menduga, melemahnya optimisme konsumen di bulan Agustus 2017 bersifat temporer. Namun, pelemahan itu seharusnya tidak berlanjut hingga bulan ini.

Lana mengatakan, pelemahan optimisme konsumen di bulan lalu sejalan dengan tidak adanya pemicu konsumen untuk melakukan pembelian barang tahan lama.

(Baca: Agustus 2017, Keyakinan Konsumen Indonesia Melemah)

"Masuk di kuartal keempat, baru ada kenaikan. Di bulan Agustus juga masih ada tahun ajaran sehingga mungkin konsumen agak menahan konsumsi," kata Lana kepada KONTAN, Kamis (7/9).

Lebih lanjut menurutnya, keyakinan konsumen di bulan September seharusnya mulai naik hingga akhir tahun nanti. Sebab, di bulan September ini pengeluaran pemerintah mulai meningkat.

"Konsumen harusnya terbantu pengeluaran pemerintah. Sehingga jangan sampai penurunan optimisme itu berlanjut di September ini," tambahnya. (Adinda Ade Mustami)

Berita ini sudah tayang di Kontan.co.id dengan judul "Ramalan ekonom, keyakinan konsumen pulih September" pada Kamis (7/9/2017)

Kompas TV Konsumsi Rumah tangga Naik, Ekonomi Tumbuh 5,01%

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com