Ekonom Optimistis Indeks Keyakinan Konsumen Menguat di September

Kompas.com - 08/09/2017, 09:10 WIB
ilustrasi konsumen Stanly/Otomaniailustrasi konsumen
EditorAprillia Ika

KOMPAS.com - Hasil survei konsumen di bulan lalu yang dilakukan oleh Bank Indonesia (BI) menunjukkan, Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Agustus 2017 sebesar 121,9. Posisi itu turun 1,5 poin dibanding bulan Juli 2017.

Berdasarkan laporan tersebut, Indeks Kondisi Ekonomi Saat ini (IKE) Agustus turun 2,6 poin dari bulan sebelumnya. Indeks Ekspektasi Kondisi Ekonomi (IEK) juga turun 0,4 poin dari posisi bulan sebelumnya.

Ekonom Samuel Aset Manajemen Lana Soelistianingsih menduga, melemahnya optimisme konsumen di bulan Agustus 2017 bersifat temporer. Namun, pelemahan itu seharusnya tidak berlanjut hingga bulan ini.

Lana mengatakan, pelemahan optimisme konsumen di bulan lalu sejalan dengan tidak adanya pemicu konsumen untuk melakukan pembelian barang tahan lama.

(Baca: Agustus 2017, Keyakinan Konsumen Indonesia Melemah)

"Masuk di kuartal keempat, baru ada kenaikan. Di bulan Agustus juga masih ada tahun ajaran sehingga mungkin konsumen agak menahan konsumsi," kata Lana kepada KONTAN, Kamis (7/9).

Lebih lanjut menurutnya, keyakinan konsumen di bulan September seharusnya mulai naik hingga akhir tahun nanti. Sebab, di bulan September ini pengeluaran pemerintah mulai meningkat.

"Konsumen harusnya terbantu pengeluaran pemerintah. Sehingga jangan sampai penurunan optimisme itu berlanjut di September ini," tambahnya. (Adinda Ade Mustami)

Berita ini sudah tayang di Kontan.co.id dengan judul "Ramalan ekonom, keyakinan konsumen pulih September" pada Kamis (7/9/2017)

Kompas TV Konsumsi Rumah tangga Naik, Ekonomi Tumbuh 5,01%

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X