Indonesia-Singapura Kerja Sama Pengembangan Ekonomi Berbasis Industri

Kompas.com - 08/09/2017, 09:25 WIB
Suasana di kawasan Merlion Park, Singapura. KOMPAS.com/SRI NOVIYANTISuasana di kawasan Merlion Park, Singapura.
EditorAprillia Ika

KOMPAS.com - Salah satu hasil dari kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Singapura adalah mendorong pengembangan ekonomi berbasis Industri 4.0.

Untuk itu, diteken kesepakatan dua universitas terkemuka dibidang teknologi yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Singapore University of Technology and Design (SUTD) bersama Yayasan Upaya Indonesia Damai (IUD).

Nota kesepahaman (Mou) antara ketiga lembaga tersebut ditandatangani oleh Rektor ITB Kadarsah Suryadi, Presiden Yayasan Upaya Indonesia Damai (UID) Mari Elka Pangestu dan Pimpinan SUTD Lee Tzu Yang, yang disaksikan Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Lee Shien Loong, di Singapura, Kamis (7/9/2017).

(Baca: Indonesia dan Singapura Rundingkan Kesepakatan Investasi)

Kemitraan tersebut diharapkan memberi kontribusi positif terhadap implementasi konsep Industri 4.0 yang tengah dikembangkan Pemerintah Indonesia.

Pemerintah Indonesia sendiri sedang berupaya memacu pertumbuhan industri manufaktur nasional, memperkuat pengembangan sumber daya manusia (SDM) dibidang inovasi dan kewirausahaan, serta akses mereka ke dunia usaha.

Nota kesepahaman dalam rangka peringatan 50 Tahun Hubungan Indonesia-Singapura itu meliputi enam bidang utama.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Antara lain, tentang pertukaran pendidikan dan penelitian antara SUTD dan ITB. Kemudian pertukaran dosen,peneliti dan post doc fellows untuk tujuan kerja sama, pengajaran dan penelitian.

Kemudian, program pascasarjana antara SUTD dan ITB. Kedua perguruan tinggi akan mengkaji kesempatan untuk menjalankan program gelar ganda (double degree) tingkat PhD.

Kemudian yayasan Upaya Indonesia Damai (UID) akan memfasilitasi kegiatan magang untuk mahasiswa SUTD tingkat sarjana.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.