Jika KEK Arun Aktif, Aceh Akan Kaya atau Kaya Sekali

Kompas.com - 08/09/2017, 09:48 WIB
Pekerja melakukan pengepakan setelah penjemuran dan penggaraman di tempat produksi ikan kering, Lhokseumawe, Aceh, Rabu (26/7/2017). . ANTARA FOTO / RAHMADPekerja melakukan pengepakan setelah penjemuran dan penggaraman di tempat produksi ikan kering, Lhokseumawe, Aceh, Rabu (26/7/2017). .
|
EditorAprillia Ika

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com – Senior Advisor Kemenko Perekonomian, Abied Muslim, menyatakan jika Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Arun aktif dan mulai beroperasi, pilihan Aceh hanya dua, yaitu pertama kaya, atau kaya sekali.

Pernyataan itu disampaikan Abied dalam seminar nasional KEK Arun di Universitas Malikussaleh (Unimal) Aceh Utara, Kamis (7/9/2017).

Dia menyebutkan, Pemerintah pusat akan menggelontorkan pembangunan besar-besaran di Aceh untuk mendukung KEK Arun.

“Salah satunya, run way bandara itu harus bisa didarati Boing. Itu Bandara Malikussaleh akan bisa didarati pesawat berbadan besar. Dibangun jalur kereta api, pergudangan dan infrastruktur jalan yang semakin lebar. Itu semua mendorong ekonomi Aceh,” katanya.

(Baca: Aceh Dapat 45 Persen Saham di KEK Arun)

 

Dia menjelaskan, pemerintah pusat mendukung peningkatan ekonomi Aceh dengan formulasi KEK Arun Lhokseumawe.

“Sekarang ini, soliditas tiga pemerintah daerah yaitu Pemerintah Provinsi Aceh, Pemerintah Kota Lhokseumawe dan Pemerintah Kabupaten Aceh Utara harus terus bersinergi, agar KEK Ini bisa segera beroperasi,” katanya.

Dia memprediksi, sektor pertanian, peternakan dan perikanan akan tumbuh di Aceh dengan dibukanya KEK Arun Lhokseumawe. “Ini harus dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh Aceh,” terangnya.

Sementara itu, salah seorang pengusaha ekspor dan impor yang hadir di acara itu yakni Nazaruddin mengeluhkan infrastruktur yang ada di pelabuhan saat ini.

Crane saja terbatas, belum lagi gudang yang belum banyak jumlahnya dan layak. Ini perlu dibenahi serius, jika mau bicara bisnis ekspor dan impor lewat formulasi KEK,” terang pria yang akrab disapa Dek Gam ini.

Dia meminta KEK Arun Lhokseumawe bukan sebatas wacana dan sebatas peraturan presiden yang telah ditandatangani. Namun, juga diaplikasikan lewat praktik bisnis nyata.

Kompas TV Kabut Asap Selimuti Kota Lhokseumawe

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X