Susi: Seperti Tulisan di Meme, After Done With Everybody Shit..

Kompas.com - 08/09/2017, 14:45 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengimbau anak-anak muda untuk mencintai laut perairan Indonesia.

Ketika menyampaikan kuliah umum di hadapan mahasiswa Universitas Kristen Indonesia, Susi mengungkapkan perasaan bahagianya jika berada di tengah laut.

"Saya pribadi kalau sudah di atas kano di tengah laut, sudah merdeka. Seperti orang bikin tulisan di meme, 'after done with everybody shit', sudah enggak terpikir lagi problem yang lain, merdeka," kata Susi, di UKI Cawang, Jakarta Timur, Jumat (8/9/2017).

Selain itu, menurut Susi, laut juga memberikannya rasa damai dan semangat setelah dirinya merasa jenuh di Jakarta. Susi akan memilih pulang ke kampung halamannya di Pangandaran, Jawa Barat dan membawa kano ke tengah laut.

(Baca: Susi: Sampean Demo Aku, tapi Kalau Ada Apa-apa Minta Tolong Aku)

 

"Sudah semua masalah hilang. Setelah itu saya pulang ke Jakarta, rasanya saya siap pindahin gunung, pindahin apa saja," kata Susi disambut gelak tawa ratusan mahasiswa Fakultas Ekonomi tersebut.

Sebanyak 70 persen wilayah Indonesia merupakan perairan. Jika masyarakatnya tidak mencintai laut, kata dia, Indonesia tidak akan maju.

Terlebih jika laut tidak dikelola dengan baik, Indonesia tidak akan dapat bersaing dengan negara-negara lainnya. Sebab, wilayah laut menghubungkan antara negara yang satu dengan yang lainnya.

"Jadi cinta laut memberikan kita sportivitas tinggi, matahari juga banyak di laut, dan hidup lebih sehat. Kalau di Jakarta cari langit biru saja susah, kalau di pinggir pantai lihat langit biru segar," kata Susi.

Ia mengimbau para mahasiswa untuk membawa ilmu ketika pulang ke kampung halamannya masing-masing.

Kemudian berbakti di daerahnya masing-masing dengan mengembangkan pariwisata perikanan dan wisata bahari.

"Ingat, ikan makanan paling sehat, enggak ada yang lebih baik dari ikan. Kalau enggak makan ikan, saya tenggelamkan, itu saja," kata Susi.

Kompas TV Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri kepada semua masyarakat Indonesia melalui akun Twitter.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.