Kompas.com - 08/09/2017, 16:00 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Belajar bisa dari siapa dan darimana saja. Hal itulah yang selalu diingat oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Seperti dirinya yang memetik pelajaran dari asisten rumah tangganya yang bernama Jamin.

Meskipun asistennya tersebut hanya lulusan Sekolah Dasar (SD), dari Jamin, Susi belajar mengenai manajemen praktis.

"Saya belajar simple practical management itu dari pembantu saya, namanya Jamin. Sekolahnya cuma SD kelas 2," kata Susi, saat memberi kuliah umum kepada mahasiswa Universitas Kristen Indonesia, Cawang, Jakarta Timur, Jumat (8/9/2017).

Suatu hari, Susi pernah melihat Jamin menaruh air putih, tissue, dan rokok di beberapa tempat. Susi yang kebingungan, langsung menanyakan hal itu kepasa Jamin.

(Baca: Susi: Seperti Tulisan di Meme, After Done With Everybody Shit..)

 

"Kenapa kamu taruh barang-barang itu dimana-mana? Dia bilang, 'supaya saya (Jamin) bisa kerja'," kata Susi menirukan percakapannya dengan Jamin.

Maksudnya, agar Susi tak mengganggu Jamin ketika dirinya mengerjakan pekerjaan rumah.

"Katanya, karena kalau enggak ditaruh dimana-mana, sebentar-sebentar ibu nanya, 'Jam, mana tisu, mana air putih, mana rokok?' Kalau semuanya sudah ditaruh kan ibu enggak akan tanya-tanya saya lagi dan saya enak enggak diganggu kerjanya," kata Susi menirukan ucapan Jamin.

Setelah itu, Susi menyadari bahwa Jamin pintar. Jamin, kata Susi, memiliki kemampuan manajemen yang luar biasa praktis.

"Learning itu enggak ada batasan tempat, waktu, what, and who can u learn. Kita harus bisa keluar dari limitation kita sebahai seorang manusia, everybody can be smarter than you are," kata Susi.

(Baca: Cerita Menteri Susi soal Penampilan Bedanya yang Curi Perhatian Netizen)

Kompas TV Menteri Susi: Jokowi Dukung Kapal Pencuri Ditenggelamkan

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.